PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA WAYANGAN UNTUK SISWA KELAS V SD DJAMA’ATUL ICHWAN SURAKARTA

Authors

  • Rosa Kusuma Arfianti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Syafi’i SD Djama’atul Ichwan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35346

Keywords:

Discovery Learning, Media Wayangan, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan media wayangan di kelas V SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pre-test, hanya 28,57% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM), menunjukkan bahwa metode konvensional yang digunakan sebelumnya kurang efektif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Model Discovery Learning dipadukan dengan media wayangan yang dekat dengan budaya siswa untuk meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, di mana pada siklus pertama 67,85% siswa mencapai KKM, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 93%. Penggunaan model Discovery Learning berbantuan media wayangan terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

References

Aqib, Z. (2017). PTK Penelitian Tindakan Kelas SD / MI (R. Kr (ed.); 1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Hasanah, R. (2021). Gaya Belajar Learning Style. In Literasi Nusantara (Cetakan 1,). Literasi Nusantara.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Rahayu, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 105.

Rifai, A. (2018). Psikologi Pendidikan: Hakikat Psikologi Pendidikan (C. Anni (ed.)). Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Pertama). KENCANA.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Arfianti, R. K. ., Supriyono, S., & Syafi’i, A. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA WAYANGAN UNTUK SISWA KELAS V SD DJAMA’ATUL ICHWAN SURAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14116–14123. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35346