PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG BERBASIS MEDIA SMART STAIRS TERINTEGRASI E-WORKSHEET DI KELAS III SD TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA

Authors

  • Zahrotus Sa’adah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Almuntaqo Zainuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Isnainigsih SD Ta’mirul Islam Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34003

Keywords:

Media Smart Stairs, E-Worksheet, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan pemahaman belajar matematika materi hubungan antar satuan panjang menggunakan media smart stairs terintegrasi E-worksheet pada siswa kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM yiatu 75. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami materi hubungan antar satuan panjang yang diajarkan sehingga siswa merasa bingung dan tidak tertarik pada pembelajaran yang berakibat menurunnya hasil belajar. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes.  Analisis data dilakukan mulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan terjadi persentase siswa tuntas pada pra-siklus = 14,81 %, siklus I = 59,26 %, siklus II = 81,48 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media smart stairs terintegrasi E-worksheet pada siswa kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta terbukti dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi huungan antar satuan panjang.

References

Akbar, F. R. (2022). Desain Dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Menggunakan Liveworksheet Pada Materi Asam Basa. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arikunto Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asiah, S. Eka, N. & Asmaul, K. (2022). Implementasi Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 6(2), 106-114.

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1).

Fitriyani, Leni. (2022). Media Tangga Konversi Berbantuan Lagu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education Research, 1(1), 23-36. http://journal.staipati.ac.id/index.php/jeer

Hayati, P.N. (2017). Pengaruh Media Tangsapan Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pengukuran Panjang Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 SDN Babatan I Surabaya. JPGSD. 5 (2), 1-12.

Maulidiyah, R. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Media “Tangga Pintar Satuan Panjang“ Siswa Kelas Iv Sdn Kuluran. Jurnal Mahasiswa Kreatif. 1(3), 93-108. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i3.478

Padahala, A.Y., Husen, F.R., Djaha, K.M., & Lalang, D. (2021). Penggunaan Alat Peraga Konversi Satuan Panjang (Kosapa) dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) – Aphelion. 2 (1), 64-68.

Praharsini, Fidiyawati. (2021). The Use of Tangga Satuan Panjang Media For Enchanced Learning Result Of Student Fifth Grade Of State Elementary School Of Wanayasa 1. SHEs: Conference Series, 4 (6), 599- 603.

Rahmawati, T. A. (2018) Analisis Metode Drill pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 di SDN 1 Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal Pena SD 4.(1), 89-111. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/945/0.

Retnoningsih, Endang. (2019). Model Pembelajaran Metode Driil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Bina Insani ICT Journal, Volume 7, Nomor 2, (hlm 156-165).

Mahnun Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Mediadan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. hal. 23-32.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Sa’adah, Z. ., Zainuddin, A. ., & Isnainigsih, S. . (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG BERBASIS MEDIA SMART STAIRS TERINTEGRASI E-WORKSHEET DI KELAS III SD TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12153–12162. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34003