MENINGKATKAT PEMAHAMAN PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS IV SD AL IRSYAD SURAKARTA TAHUN AJAR 2023/2024

Authors

  • Ridho Anggita Setiawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Almuntaqo Zainuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Joko Purwanto SD Al Irsyad Surakarta
  • Mega Dibrita SD Al Irsyad Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35685

Keywords:

Volume Bangun Ruang, Alat Peraga Manipulatif, Experiential Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran matematika pada materi volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pelajaran matematika menggunakan model experiential learning dengan bantuan alat peraga manipulatif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil dari pra siklus menunjukkan 44% mencapai nilai KKM. Hasil dari siklus 1 siswa yang memperoleh nilai dengan presentase ketuntasan klasikal 68%. Hasil dari siklus 2 siswa memperoleh nilai dengan presentase ketuntasan klasikal 92%. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran experiential learning dengan bantuan penerapan alat peraga manipulatif sanggup meningkatkan pemahaman mengenai topik bangun ruang pada siswa.

References

Hendriana, H., Rohaeti, E. E.,& Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011

Perdana, Kistin Restu, M. Zainuddin, and Yuniawatika Yuniawatika. (2018). “Pembelajaran Matematika Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Wahana Sekolah Dasar 26(2):43–50.

Retnowati, Dwi dan Budi Murtiyasa. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger”, in Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013. https://publikasiilmiah.ums.ac.id

Silberman, M. 2015. Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media.

Suyanto, 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen Dikti.

Syamsuddin, A. (2018). Media Pembelajaran Manipulatif dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, 205–211.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Setiawan, R. A., Zainuddin, A. ., Purwanto, J. ., & Dibrita, M. . (2024). MENINGKATKAT PEMAHAMAN PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS IV SD AL IRSYAD SURAKARTA TAHUN AJAR 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 14430–14436. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35685

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.