IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32871Keywords:
Prob1em Based Learning, Keterampi1an Berpikir KritisAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan IPA di kelas V SDN Manarap Baru. Hal ini disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, siswa kurang aktif dan antusias dalam pemecahan masalah, dan pembelajaran yang monoton menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif. Upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam empat kali perjumpaan yang berjumlah 23 orang pada tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, Data diperoleh melalui hasil observasi terhadap keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil menunjukkan adanya peningkatan dari berbagai segi aspek keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis pada perjumpaan I masih 22% meningkat pada perjumpaan IV menjadi 91% dengan kriteria hampir seluruh siswa sangat terampil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pada pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Downloads
Published
2024-09-09
How to Cite
Apriza, M. F., & Rini , T. P. W. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12832–12841. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32871
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Fernanda Apriza, Tika Puspita Widya Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.