MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA MENGGUNAKAN MODEL PJBL PADA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.31930Keywords:
Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, PJBL.Abstract
Pembelajaran IPA yang baik bisa membuat siswa untuk dapat memecahkan masalah dikehidupan sehari-hari. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang kurang biasa untuk mengidentifikasi masalah sehingga kurang menimbulkan idealitas berpikir kritis. Tujuan dari penelitian yaitu guna menggambarkan meningkatkan lebih lanjut keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian berikut ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin yang berjumlah 27 siswa. Kategori penelitian ialah kualitatif yaitu golongan penelitian tindakan kelas (PTK) berlangsung dalam 4 kali pertemuan terdiri dari yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang peneliti pakai berupa lembar observasi untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kemudian instrumen bentuk tes dipakai untuk dapat melihat pengembangan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 hingga 4 meningkat dari 48% menjadi 96% dengan kriteria “sangat terampil”. Melalui ini bisa direkomendasikan bahwa model PJBL berperan penting dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.Downloads
Published
2024-09-08
How to Cite
A, S. A. ., & Rini, T. P. W. . (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA MENGGUNAKAN MODEL PJBL PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12784–12791. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.31930
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Sya'adah Alfiah. A, Tika Puspita Widya Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.