IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRY-BASED LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMIKIRAN KRITIS SISWA

Authors

  • Sefanya Anggraini Sihombing Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Redita Sari Gultom Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53042

Keywords:

Inquiry-Based Learning, Pendidikan Agama Kristen, Berpikir Kritis, Pembelajaran Inkuiri, Refleksi Teologis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi Inquiry-Based Learning (IBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) serta dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan IBL dalam PAK mampu mendorong siswa untuk aktif bertanya, menganalisis masalah teologis, serta mengemukakan argumentasi yang logis dan berbasis pada pemahaman iman. Proses pembelajaran yang menekankan pada eksplorasi, pengamatan, dan penemuan mandiri membuat siswa lebih terlibat secara intelektual dan spiritual. Selain itu, strategi ini terbukti efektif dalam membangun pola pikir reflektif dan evaluatif yang menjadi inti dari keterampilan berpikir kritis. Guru juga berperan penting sebagai fasilitator yang menciptakan suasana kelas dialogis dan terbuka, sehingga siswa merasa aman untuk menyampaikan pertanyaan dan pandangan. Dengan demikian, implementasi IBL dalam PAK tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga memperkuat kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai Kristiani secara mendalam, sistematis, dan kontekstual.

References

Arifin, Z., & Prastowo, A. (2024). Inquiry-Based Learning dan Penguatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Pendidikan Modern, 12(1), 45–60.

Br Ginting, M., & Hutapea, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Refleksi Teologis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Kristen Indonesia, 5(2), 112–125.

Cahyo, A., & Hidayat, T. (2023). Integrasi Inquiry-Based Learning dalam Humaniora untuk Meningkatkan Kualitas Dialog Kelas. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(3), 201–215.

Harefa, Y. (2023). Tantangan Guru PAK dalam Mengelola Diskusi Kritis di Kelas. Journal of Christian Education Studies, 4(2), 77–89.

Joyce, B., & Weil, M. (2022). Models of Teaching (12th ed.). Pearson Education.

Naibaho, A. (2022). Penerapan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama, 10(1), 55–67.

Rokhmah, S., & Mulyani, S. (2022). Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Evaluatif Siswa. Jurnal Pedagogi Kognitif, 6(2), 134–146.

Schroeder, L., Thompson, K., & Miles, P. (2023). The Effectiveness of Inquiry-Based Learning: A Meta-Analysis Across Educational Levels. International Journal of Educational Research, 120, 1–15.

Sidabutar, D. (2024). Dampak Inquiry-Based Learning terhadap Sikap Kritis dan Spiritualitas Siswa Kristen. Jurnal Pendidikan Teologi Indonesia, 8(1), 23–39.

Sianipar, F. (2021). Problematika Pembelajaran PAK yang Berpusat pada Ceramah. Jurnal Pendidikan Kristiani, 3(2), 98–110.

Silitonga, E., & Manurung, R. (2024). Diskusi Inkuiri dan Pengembangan Argumentasi Etis Siswa Kristen. Jurnal Pendidikan Karakter Iman, 7(1), 44–58.

Silberman, M. (2023). Active Learning: Tools and Techniques for Student Engagement. Wiley.

Simanjuntak, J. (2023). Kebutuhan Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Transformasi Pendidikan, 11(4), 215–228.

Siregar, B. (2022). Penerapan Model Inkuiri dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Kemampuan Menilai Argumen. Jurnal Edukasi Iman, 4(3), 190–202.

Tobing, R. (2023). Model Inkuiri Terbimbing dalam Pendidikan Kristen dan Implikasinya terhadap Pertumbuhan Iman Siswa. Jurnal PAK Holistik, 5(1), 66–79.

Zubaidah, S. (2021). Keterampilan Bertanya sebagai Bagian dari Higher Order Thinking Skills. Jurnal Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 65–78

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Sihombing, S. A., & Gultom, R. S. (2025). IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRY-BASED LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMIKIRAN KRITIS SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8242–8247. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53042

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.