MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32856Keywords:
Pembelajaran IPA, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini mengacu pada permasalahan yang ditemukan mengenai rendahnya kemampuan siswa kelas V SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin dalam berpikir kritis terhadap muatan IPA. Hal ini terjadi karena proses transfer ilmu yang cenderung didominasi oleh guru, rendahnya keterlibatan siswa pada proses belajar, dan belum memuat kegiatan yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan pada penelitian ini, dilaksankan selama 4 pertemuan. Proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi masing – masing mencakup di tiap pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin dengan subjek penelitiannya siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap pertemuannya. Keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh skor 87% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Sangat Terampil”. Berdasarkan temuan dari penelitian ini menunjukkan penggunaan model PBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.References
Agusta, A. R., Suriansyah, A., Hayati, R. P., & Mahmudy, M. N. (2021). Learning Model Gawi Sabumi Based on Local Wisdom to Improve Student’s High Order Thinking Skills and Multiple Intelligence on Elementary School. International Journal of Social Science and Human Research, 04(11), 3269–3283. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i11-29
Amalia, R., & Radiansyah, R. (2023). Implementasi Model PBL Pendekatan TPACK Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 23233–23242. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10286%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10286/8261
Annisa, M., Yulinda, R., & Kartini. (2017). Identifying The Misconceptions of Natural Science (IPA) Using CRI (Certanty of Response Index) At The Primary School Students in Tarakan. Jurnal Ilmu Pendiidikan Fisika, 2(2), 54–59. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.258
Hapizah, Indaryanti, Susanti, E., Yusup, M., Scristia, Pratiwi, D. weni, Araiku, J., & Sari, N. (2022). Pendesainan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Problem Based Learning (1st ed.). Bening Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/PENDESAINAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATEM/XSjFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=langkah+problem+based+learning&pg=PA7&printsec=frontcover
Hisbullah, S. P. M. P., Nurhayati Selvi, S. P. M. P., & Mirnawati, S. P. M. P. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (Mirnawati (ed.)). Penerbit Aksara TIMUR. https://books.google.co.id/books?id=0iJ9DwAAQBAJ
Jupriyanto, & Nuridin. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944
Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(03), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047
Mufangati, U. A., & Juarsa, O. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Soal. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.44-50
Noorhapizah, Riandy, A., & Pratiwi, D. A. (2021). Developing Blended Learning Model Gawi Sabumi Based on Ecopedagogy Study to Improve Ecological Awareness and Industrial Revolution 4.0 Skills on Elementary Education. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 525(Icsse 2020), 104–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.015
Pratiwi, D. A., & Octavia, V. (2021). Implementasi Model Taman Ceria Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 245–260. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i2.280
Pratiwi, D. A., & Sofiawati, N. (2018). Problem Solving Learning, Think Pair and Share (TPS) based on Audio Visual Media Improving Oral Activities. 274, 54–59. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.13
Rachman, A., Sari, D. D., & Widya, R. T. P. (2022). Pengembangan Pop Up Book Ekosistem Lahan Basah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6, 500–512
Rini, T. P. W., & Sari, D. D. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Bimbingan Teknis Pembuatan Instrumen Penilaian Berbasis High Order Thinking Skill. Elementary School Journal, 5(1), 55
Rosadi, A. F., Rianto, A. K., Hadi, W., & Dallion, E. (2023). Pelajaran IPA Materi Siklus Air Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Kompetensi, 16(2), 287–296
Sholihah, T. M., & Lastariwati, B. (2020). Problem Based Learning to Increase Competence of Critical Thinking and Problem Solving. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 148–154. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13772
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 27–36. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/797
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) (1st ed.). Deepublish.
Wijayanti, R., & Siswanto, J. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sumber-Sumber Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 109–113. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5533
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indhyra Dhanyta, Tika Puspita Widya Rini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.