STUDI KASUS: PENGGUNAAN BAHAN DAN SUMBER AJAR BIOLOGI DI MAN 2 MODEL MEDAN SEBAGAI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI INTEGRASI BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PJBL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44830Keywords:
Bahan Ajar Digital; Pembelajaran Berbasis Proyek; Pembelajaran BiologiAbstract
Bahan ajar adalah materi atau sumber pembelajaran yang disusun dengan cara yang terstruktur dan menyeluruh, mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, dan digunakan oleh guru pada kegiatan belajar mengajar bersama siswa. Penelitian ini berfokus pada integrasi materi ajar digital dalam model pembelajran berbasis proyek (Projeck Based Learning/PJBL) guna meningkatkan efektivitas pembelajaran biologi di MAN 2 Model Medan. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar digital, seperti presentasi interaktif, video pembelajaran, dan e-book, dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep biologi dan membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif. Guru yang menerapkan PjBL dengan materi ajar digital menemukan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, dan mereka belajar lebih banyak bekerja sama dan berpikir kritis. Kesimpulan dari penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan materi ajar digital dalam pendekatan PjBL berkontribusi pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran biologi perlu terus dikembangkan sebagai bagian dari transformasi pendidikan yang relevan dengan kebutuhan siswa abad ke-21.References
Ali, M., Adawiah, R., & Juniati, S. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis video pembelajaran pada mata kuliah pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional.
Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A., & Setiadi, D. (2022). Pengembangan materi ajar berbasis video kreatif biologi pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123-129.
Anwar, Y., Fadilah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh model project-based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan Univet Bantara, 30(3), 399-408. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1753
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi project-based learning (PjBL) berpendekatan science edutainment terhadap kreativitas peserta didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145-150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Jurnal Halaqa Islamic, 3(1), 35-43.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: Kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65.
Fidela, W., & Fadilah, M. (2024). Literature review: Penerapan model project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 4(4), 1498-1511.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas model project-based learning (PjBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307-314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Hardiyanti, P., Saputra, A. D., Mardianto, D., Simatupang, H., & Arwita, W. (2024). Implementation of the project-based learning (PjBL) learning model in observing learning styles and improving product results in biology learning at SMAS Sultan Iskandar Muda Medan. Education Achievement: Journal of Science and Research, 490-495.
Handika, R., Syafii, W., & Mahadi, I. (2022). Pengembangan Majalah Elektronik Biologi Berbasis Multimedia Pada Materi Plantae Kelas X SMA/MA. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 198-205.
Hardianti, F., Setiadi, D., Syukur A., & Merta, I.W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Environment, Society (SETS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15 (5): 521-527.
Hasrianti, H., & Hidayati, D. (2023). Upaya pengembangan guru SMA swasta Kota Kendari dalam menghadapi tantangan transformasi digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1494-1507.
Herninda, F. (2024). Analisis bahan ajar dalam pembelajaran biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 12, 178-184.
Irawati, H., & Hidayati, D. (2024). Transformasi digital dalam pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1), 1-9.
Khasanah, I. A., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 34-44.
Marlina, L., & Lufri. (2024). Survei kebutuhan bahan ajar dan masalah pembelajaran biologi di SMA Pertiwi 1 Padang. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(2), 100-108.
Mukra, R., & Nasution, Y. M. (2016). Difference of student’s learning achievement by using project-based learning. Jurnal Pelita Pendidikan, 2, 122-127.
Mukra, R., Silalahi, D. R. S. U., Sembiring, S. S. A. B., Ritonga, V. A., Putri, D. F., & Putri, A. D. (2024). The healthy diet effect with project-based learning animation on student concentration and learning outcomes. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 322-331.
Nordin, A. S. M., Alias, B. S., & Mahamod, Z. (2023). Pendigitalan pendidikan. Jurnal Penyelidikan Pendidikan dan Teknologi Malaysia, 1(1), 66-73.
Pulungan, N. A., & Khairuna, K. (2023). Pengaruh model pembelajaran project-based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(2), 422-431. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i2.7249
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial pembelajaran berbasis proyek. Bantul, Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Ramadhan, S. N., Tangge, L., & Ramadhan, A. (2023). Pengaruh penggunaan bahan ajar online dalam pembelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Ilmu dan Pendidikan Biologi, 11(1), 7-11.
Riastuti, R. D., & Febrianti, Y. (2021). Studi dokumenter hasil belajar psikomotorik siswa SMA pada materi sistem pernapasan melalui model pembelajaran project-based learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Biologi Sains, 4(1), 93-98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i1.2206
Safitri, A., Noorhidayat, & Amintarti, S. (2021). Pengembangan bahan ajar konsep sistem peredaran darah manusia biologi SMA dalam bentuk booklet digital. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 13-30.
Sulastri, Arsal, A. F., & Adnan. (2023). Identifikasi sumber belajar yang mendukung pembelajaran biologi SMA. Jurnal Amal Pendidikan, 4(1), 57-66.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Tutuk, N. (2022). Transformasi Moral Digital dalam Pembelajaran.
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11 (1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5.0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal MENTARI Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhanifah Br. Sihombing, Sri Yuliani Rezeki Siburian, Winda Klarindha, Azra Nabila Saragih, Lumban Gaol, Widya Arwita, Rizal Mukra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.