PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31381Keywords:
Quantum Teaching, Hasil Belajar, Matematika.Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang tidak efektif dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka, terutama dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kotagajah Lampung Tengah pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh setelah menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi 21 siswa (66%) yang tuntas, dan 11 siswa (34%) yang tidak tuntas dari 32 siswa. Pada siklus II hasil belajar lebih meningkat menjadi 31 siswa (97%) yang tuntas, dan 1 siswa (3%) tidak tuntas dari 32 siswa. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar pada 31 peserta didik (97%). Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Ajaran 2023-2024 melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching.Downloads
Published
2024-07-09
How to Cite
Fitriyana, R. ., Lestari, S. ., Sari3, W. R. ., Setyawati, A. ., & Widyawati, S. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9804–9810. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31381
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Rini Fitriyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.