EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP

Authors

  • Pixyoriza Pixyoriza Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Santi Widyawati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24803

Keywords:

E-Modul, Flip PDF Professional, Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik memalui penggunaan e-modul berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini merupakan Quaisi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Menggunakan dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen menggunakan e-modul berbasis Flip PDF Professional dan satu kelas lain sebagai kelas kontrol tidak menggunakan e-modul. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes sebanyak 4 soal essay untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (Independent sample T-test) dan uji effect size. Dari analisis data diperoleh data hasil efektivitas kelas ekperimen sebesar 1,81 dan hasil effect size kelas konrol sebesar 1,71 yang artinya bahwa penggunaan e-modul efektif  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik sehingga membuat mereka aktif selama pembelajaran materi teorema Pythagoras..

References

Faijah, N., Nuryadi, N., & Hetty Marhaeni, N. (2022). Efektiivitas Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–123.

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127.

Izzah, A., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memecahkan Masalah Matematika Materi Kecepatan Dan Debit Di Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 1139–1147.

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232.

Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publlishing.

Rama, A., Putra, R. R., Huda, Y., & Lapisa, R. (2022). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi flip pdf proffesional pada mata kuliah analisis kurikulum pendidikan dasar. 7(1), 42–47.

Sari, S. P., Hasibuan, H., Suri, E. M., Afriwes, & Mere, K. (2023). Pengaruh Pemanfaatan E-Book sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Jurnal Riview Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1829–1832.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56.

Siregar, U. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Kelas II SD Menggunakan Media. Jurnal Riview Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 718–721.

Surwandi, Siagian, M. V, & Andriyani, M. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem-Based Learning Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Riview Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 739–747.

Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461–466.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Pixyoriza, P., & Widyawati, S. . (2024). EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 878–884. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24803