IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP

Authors

  • Siti Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Reni Permata Sari Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25615

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu komponen terpenting dari kemampuan berpikir yang harus dibangun. Berpikir kritis membantu peserta didik memahami masalah dan menyaring informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik di tingkat SMP. Kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat penting untuk dimiliki sebagai bekal untuk keberhasilan dalam kehidupannya dan mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain posttest only control group design. Hasil dari penelitian menunjukkkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pengembangan kemampuan berpikir peseta didik SMP.

References

Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9(2). 292-299.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian.1(1). 66-72.

Erfan, M., & Ratu, T. (2018). Pencapaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samawa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 4(2). 208–212. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.831

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta : Garudhawaca.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Hidayat, W. (2017). Metaphorical thinking learning and junior high school teachers’ mathematical questioning ability. Journal on Mathematics Education. 8(1). 55–64. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3614.55-64

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. 9(2). 71-77.

Jagantara, I Made Wirasana, dkk. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA”. E-Journal Program Pasca Sarjana. 1(4). Universitas Pendidikan Ganesha.

Mubarok, C & Edy, S. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(1). 215-221.

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta didik SMP. Tsaqofah. 2(1). 23-30.

Phasa, K. C. (2020). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2). 711-723.

Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Puri, Diah Tirta, dkk (2016) “Penggunaan model problem based learning pada pembelajaran perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk meningkatkan pengetahuan konseptual dan kemampuan berpikir krtis pada kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(5) : UNY.

Sa’idah, E. L. (2022). Analisis Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar (Penelitian Study Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 (1st ed.). Jakarta : Bumi Aksara.

Sulistiawati, S., & Andriani, C. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Peserta didik. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan. 1(2). 127–142. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1289

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, H., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik. Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1). 17-33.

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research. 4(3). 320-325.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Lestari, S. ., & Sari, R. P. . (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2004–2011. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25615