PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 MARGAMULYA

Authors

  • Dwilita Astuti Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Astri Setyawati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Iffa Dian Santika Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19147

Keywords:

Cooperative Learning, Hasil Belajar, Scramble

Abstract

Model cooperative learning tipe scramble merupakan salah satu tipe model pembelajaran cooperative learning yang menggunakan kelompok- kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 peserta didik untuk saling bekerja sama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 41 siswa terdiri dari 2 kelas IV di SD Negeri 2 Margamulya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dari soal tes pilihan ganda tersebut digunakan untuk menganalisis uji hipotesis. Hasil penelitian pretest kelas eksperimen sebesar 66,66 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,66, meningkat sebesar 16,00. Adapun nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 56,33 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 66,00 meningkat sebesar 9,67. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model cooperative learning tipe scramble. Perhitungan normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varian yang sama (homogen). Setelah dilakukan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar tema 7 subtema 2 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Rantau Jaya Ilir.

References

SANJAYA, W. (2013). PENELITIAN PENDIDIKAN. JAKARTA: KENCANA PRENADA MEDIA GRUP.

Sanjaya, Wina. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitaitf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Grafika Sinar, Jakarta

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Astuti, D. ., Setyawati, A. ., & Santika, I. D. (2023). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 MARGAMULYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 571–579. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19147

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.