PENGARUH MEDIA WORD BOX TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELAYU ISLAM FATHRISK KIDS PEKANBARU

Authors

  • Sukma Fajriati Universitas Riau
  • Enda Puspitasari Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27142

Keywords:

Kemampuan Menulis, Word Box

Abstract

Kemampuan menulis pada anak usia 5-6 tahun di TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru masih rendah dapat dilihat pada saat observasi, sehingga diperlakannya media pembelajaran yang diberi nama media word box. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai adakah pengaruh sebelum dan sesudah diberikan media word box terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one grup pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru usia 5-6 tahun yang berjumlah 21 orang. Sampel penelitian adalah 21 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Teknnik pengumpulan data yang dilakukan penelitian yaitu data primer melalui lembar obervasi. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis dilihat dari skor perolehan rata-rata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan, hasil analisis data thitung 13.007 lebih besar ttabel 2,086 dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media word box berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru.

References

Ana Widyastuti, M. P. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. book, Elex Media Komputindo. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=LDBIDwAAQBAJ

Kemampuan, M., Permulaan, M., Tahun, U., Kegiatan, M., & Painting, F. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting, 1(1).

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. book, Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=XdLGDwAAQBAJ

Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341–350. JOUR.

Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. BOOK, Grasindo. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=93TFIXHu_kYC

OKTOVIA, B. (2019). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kemampuan Menulis Anak di TKN Pembina Kabupaten Tanah Datar. JOUR.

Prastiyanti, A. B., & Fachrurrazi, A. (2020). Mengembangkan kemampuan menulis awal anak usia dini dengan media puzzle, 2, 17–25.

Purwanti, Y. I., & Simatupang, N. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. GEN.

Puspitasari, E., Solfiah, Y., & Zulkifli, N. (2022). Pengembangan Scanbook untuk Pembelajaran Berbasis STEAM di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6173–6186. JOUR.

Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61–69. JOUR.

Riyana, C., & RI, K. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN. BOOK, KEMENAG RI. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ku0_DwAAQBAJ

Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. JOUR.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. book, Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=O0xWEAAAQBAJ

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Fajriati, S. ., Puspitasari, E. ., & Chairilsyah, D. . (2024). PENGARUH MEDIA WORD BOX TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELAYU ISLAM FATHRISK KIDS PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4451–4459. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27142

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>