PENGARUH MEDIA WORD BOX TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELAYU ISLAM FATHRISK KIDS PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27142Keywords:
Kemampuan Menulis, Word BoxAbstract
Kemampuan menulis pada anak usia 5-6 tahun di TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru masih rendah dapat dilihat pada saat observasi, sehingga diperlakannya media pembelajaran yang diberi nama media word box. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai adakah pengaruh sebelum dan sesudah diberikan media word box terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one grup pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru usia 5-6 tahun yang berjumlah 21 orang. Sampel penelitian adalah 21 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Teknnik pengumpulan data yang dilakukan penelitian yaitu data primer melalui lembar obervasi. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis dilihat dari skor perolehan rata-rata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan, hasil analisis data thitung 13.007 lebih besar ttabel 2,086 dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media word box berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Melayu Islam Fathrisk Kids Pekanbaru.References
Ana Widyastuti, M. P. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. book, Elex Media Komputindo. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=LDBIDwAAQBAJ
Kemampuan, M., Permulaan, M., Tahun, U., Kegiatan, M., & Painting, F. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting, 1(1).
Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. book, Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=XdLGDwAAQBAJ
Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341–350. JOUR.
Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. BOOK, Grasindo. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=93TFIXHu_kYC
OKTOVIA, B. (2019). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kemampuan Menulis Anak di TKN Pembina Kabupaten Tanah Datar. JOUR.
Prastiyanti, A. B., & Fachrurrazi, A. (2020). Mengembangkan kemampuan menulis awal anak usia dini dengan media puzzle, 2, 17–25.
Purwanti, Y. I., & Simatupang, N. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. GEN.
Puspitasari, E., Solfiah, Y., & Zulkifli, N. (2022). Pengembangan Scanbook untuk Pembelajaran Berbasis STEAM di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6173–6186. JOUR.
Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61–69. JOUR.
Riyana, C., & RI, K. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN. BOOK, KEMENAG RI. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ku0_DwAAQBAJ
Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. JOUR.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. book, Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=O0xWEAAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sukma Fajriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.