PERBEDAAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN YANG DIASUH OLEH ORANG TUA KANDUNG DENGAN ANAK YANG DIASUH OLEH SELAIN ORANG TUA KANDUNG DI KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1216Keywords:
Kemampuan Bahasa, Anak yang diasuh oleh Orang Tua Kandung, Anak yang Diasuh oleh Selain Orang Tua KandungAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah dikota Bukittinggi yang memiliki 23.416 keluarga (data dari bukittinggikota.go.id) masih banyak orang tua yang mengalihkan pengasuhan terhadap anak kepada orang lain seperti saudara, nenek, kakek, dan sebagainya dikarenakan beberapa faktor seperti faktor ekonomi yang mengharuskan orang tua anak bekerja diluar rumah seharian. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Berdasarkan analisis pengolahan data hasil kemampuan bahasa anak usia 4-5 Tahun yang diasuh oleh orang tua kandung di Kota Bukittinggi diperoleh jumlah nilai 466 dengan rata-rata persentase 77,67% berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dan hasil kemampuan bahasa anak usia 4-5 Tahun yang diasuh oleh selain orang tua kandung di Kota Bukittinggi diperoleh jumlah nilai 448 dengan rata-rata persentase 74,67% berda pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil hipotesis dapat diketahui bahwa kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun yang diasuh oleh orang tua kandung lebih baik dibandingkan anak yang diasuh oleh selain orang tua kandung di Kota Bukittinggi.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arsjad, Maidar dan Mukti. 2005. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education. United State Of America: Pearson
Brewer, Jo Ann. 2007. Intorduction to Early Childhood Education. USA: Pearson.
Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2004. Kurikulum Taman kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dewiani, Chika. 2019. Perbedaan Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah Antara Riwayat Diasuh Oleh Orang Tua dengan Riwayat Diasuh Oleh Selain Orang Tua. Skripsi. Keperawatan, Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fakhry Zamzam. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama.
Feeney, Stephanie. Christensen Doris. Eva Moravcik. 2006. Who Am I in The Lives of Children. New Jersey: Pearson.
Krogh, Suzanne L. Pamela Morehouse. 2014. The Early Childhood Curriculum. New York: Routledge.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Putu Ade Andre Payadnya, dkk. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Budi Utama.
Rahmawati, Aisyah Nur, Yudianto Sujana, Muh. Munif Syamsudin. 2016. “Status Pekerjaan Ibu Sebagai Prediktor Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 4-5 Tahunâ€. E-Jurnal.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya .Jakarta: PT Kencana Perdana Media Group .
Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Syamsurie Carsel. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Widjono. 2012. Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo
Yudrik Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Zubaidah, Enny. 2004. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangan di Sekolah.