EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Tri Winingsih Universitas Widya Dharma Klaten
  • Hersulastuti Hersulastuti Universitas Widya Dharma Klaten
  • Purwo Haryono Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53102

Keywords:

Efektivitas, Keterampilan Menulis Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan YouTube terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 3 Somopuro Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design, di mana satu kelompok diuji sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa sebelum perlakuan berada pada kategori sangat rendah, ditunjukkan oleh persentase kategori baik hanya 5% dan kurang baik mencapai 95%. Setelah penggunaan YouTube dalam pembelajaran, terjadi peningkatan yang signifikan pada kualitas tulisan siswa. Persentase hasil belajar meningkat menjadi 25% kategori sangat baik, 65% baik, 10% cukup, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang baik. Uji hipotesis menghasilkan nilai thitung sebesar 18,44, yang jauh lebih tinggi dibandingkan ttabel sebesar 2,093. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan YouTube berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi. Temuan ini menegaskan bahwa YouTube dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, menarik, dan mampu membantu siswa memahami struktur, ide, serta penyusunan teks narasi dengan lebih baik.

References

Arsyad, A. (2018). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Athia Fidian, A. (2023). The Effectiveness of Digital Media for Students’ Writing Abilities: A Literature Review. Jurnal.

Azri Rifalda, & Mimi Sri Irfadila. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP IT Ma’arif Padangpanjang. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 12, No. 1, Maret 2025. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Cahyani, F. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.

Fidian, A., & Pradana, A. B. A. (2017). Peran Media Pembelajaran dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Mahasiswa. The 6th University Research Colloqium Universitas Muhammadiyah Magelang, 259–264.

Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group: Klaten.

Hasanah, I., & Rodi’ah, S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2:23–35.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal of Sport Education, 1(2), 56–66.

Rully Khoeru Solihin. (2024). Efektivitas Video YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Universitas Sindang Kasih Majalengka, Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 4, No. 5.

Sadewa Bagus Wicaksana, & Anistyasari, Y. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal IT-Edu, 5(1), 121–131.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-12-05

How to Cite

Winingsih, T., Hersulastuti, H., & Haryono, P. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PELAJARAN BAHASA INDONESIA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8260–8267. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53102

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.