PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS HYPERCONTENT DENGAN CANVA DI KELAS IV SD NEGERI 06 PONTIANAK KOTA

Authors

  • Endang Febrianti Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22352

Keywords:

Pengembangan, Modul Proyek, Hypercontent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Hypercontent yang sesuai kebutuhan guru dan peserta didik serta layak dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan metode Research and Development (R&D). Teknik analisis data menggunakan model Research and Development (R&D) mengadaptasi model pengembangan 4D (four D models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dan dessimination (penyebarluasan). Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil validasi angket Kelayakan isi, kelayakan bahasa, aspek desain, dan aspek kegrafikan modul proyek dari dua validator dan hasil kepraktisan modul proyek dari wali kelas IV SD Negeri 06 Pontianak Kota. Tingkat kelayakan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Hypercontent dengan Canva didasarkan pada hasil penilaian tim validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul proyek dinyatakan dengan kriteria “sangat layak” dengan skor rata-rata 3,54 dan produk modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila dinyatakan dengan kriteria “sangat praktis” dengan skor rata-rata 3,41. 

References

Anisa, A., Nurdiyanti, N., & Thahir, R. (2021). Pengembangan Modul Hypercontent Berorientasi HOTS. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 5161–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1659

Baderiah (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo : Lembaga Kampus IAIN Palopo

Jiwa, N. (2022). Cara Sukses Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Kepmendikbudristek (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kepala Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kepmendikbudristek (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kepala Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pendidikan Dasar dan Memengah, J., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Rachmawati N, Marini A, Nafiah M et al. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal basicedu 6(3), 3613-3625 diunduh file:///C:/Users/User/Downloads/admin,+44.+Nugraheni+Rachmawati+3613+-+3625.pdf

Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 194. Diunduh di https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Febrianti, E. ., Ghasya, D. A. V., & Pranata, R. . (2023). PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS HYPERCONTENT DENGAN CANVA DI KELAS IV SD NEGERI 06 PONTIANAK KOTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2933–2940. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22352

Most read articles by the same author(s)