PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS HYPERCONTENT DENGAN CANVA DI KELAS IV SD NEGERI 06 PONTIANAK KOTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22352Keywords:
Pengembangan, Modul Proyek, HypercontentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Hypercontent yang sesuai kebutuhan guru dan peserta didik serta layak dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan metode Research and Development (R&D). Teknik analisis data menggunakan model Research and Development (R&D) mengadaptasi model pengembangan 4D (four D models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dan dessimination (penyebarluasan). Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil validasi angket Kelayakan isi, kelayakan bahasa, aspek desain, dan aspek kegrafikan modul proyek dari dua validator dan hasil kepraktisan modul proyek dari wali kelas IV SD Negeri 06 Pontianak Kota. Tingkat kelayakan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Hypercontent dengan Canva didasarkan pada hasil penilaian tim validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul proyek dinyatakan dengan kriteria “sangat layak” dengan skor rata-rata 3,54 dan produk modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila dinyatakan dengan kriteria “sangat praktis” dengan skor rata-rata 3,41.References
Anisa, A., Nurdiyanti, N., & Thahir, R. (2021). Pengembangan Modul Hypercontent Berorientasi HOTS. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 5161–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1659
Baderiah (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo : Lembaga Kampus IAIN Palopo
Jiwa, N. (2022). Cara Sukses Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.
Kepmendikbudristek (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar, dan jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kepala Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kepmendikbudristek (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kepala Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Pendidikan Dasar dan Memengah, J., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Rachmawati N, Marini A, Nafiah M et al. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal basicedu 6(3), 3613-3625 diunduh file:///C:/Users/User/Downloads/admin,+44.+Nugraheni+Rachmawati+3613+-+3625.pdf
Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 194. Diunduh di https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Febrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.