PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BINA ANAPRASA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24608Keywords:
Project Based Learning, Kemampuan Berikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun sebelum diberikan Projek Based Learning di RA Bina Anaprasa. 2) Kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun setelah diberikan Projek Based Learning di RA Bina Anaprasa. 3) Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Bina Anaprasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuanlitatif. Pengambilan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun sebelum diberikan Projek Based Learning di RA Bina Anaprasa menunjukkan hasil nilai rata-rata skor sebesar 25,69 .2) Kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun setelah diberikan Projek Based Learning di RA Bina Anaprasa menunjukkan hasil nilai rata-rata skor sebesar 38,88. 3) Hasil uji t nilai ttabel adalah 1.7531, sedangkan nilai t hitung yang diperoleh adalah sebesar 8,91942 , ternyata t hitung > t tabel dari angka batas penolakan hipotesis nol. Dengan demikian Ha diterima, hal ini berarti, terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Bina Anaprasa.References
Anggreani, C. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 343-360.
Anggreni,2019. Konstruksi Berfikir Kritis Jurnal Buah Hati Vol. 8, No. 1
Aqib, Zainal, 2016. Penelitian Tindakan Kelas Berserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta Bumi Aksara
Komariyah & Laili, 2018. Pengaruh kemampuan Berfikir Kritis. Terhadap hasil Belajar, Bandung: Rosda
Nugroho, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Melalui Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sifa Zahirah Dzihni. 2020. Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Sebagai Stimuluasi Keterampilan Berfikir Kritis (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Model Pembelajaran untuk Anak Usia Dini)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta).
Yulianti, Dwi. 2019. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. PT Indeks Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Rahman Matondang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.