PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK DI RA NURUS SALAM

Authors

  • Ade Rahman Matondang Universitas Al Washliyah Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Al Washliyah Medan
  • Rusmaningsih Rusmaningsih Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24173

Keywords:

Discovery, Mengenal Warna

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, yakni: 1) Untuk mengidentifikasi penerapan metode discovery di RA Nurus Salam, dan 2) Untuk mengevaluasi perkembangan kemampuan pengenalan warna pada anak dengan menggunakan metode discovery di RA Nurus Salam. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Kualitatif, dengan mengimplementasikan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode discovery dalam proses pembelajaran melibatkan pengamatan, pengelompokan, dan penjelasan objek yang diamati. 2) Pengembangan kemampuan anak dalam mengenal warna dilakukan melalui metode discovery, dengan membantu siswa memperbaiki dan mengembangkan keterampilan serta proses kognitif, memberikan pelatihan, dan memberikan demonstrasi langsung kepada anak. Hal ini memungkinkan siswa untuk lebih mudah memahami konsep yang diajarkan dengan bantuan objek-objek sekitar. Metode discovery juga memberikan wawasan terhadap kondisi psikologis dan tingkat kemampuan siswa, serta mempermudah pengenalan warna kepada anak melalui interaksi dengan objek-objek di sekitarnya.

References

Bungin, B. (2018). Penelitian Kualitatif. Kencana Perenada media Group.

Dewi. (2016). Optimalisasi Media pengajaran. Bumi Aksara.

Emzir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (6th ed.). Raja Grafindo Persada.

Hamdani. (2019). Strategi Belajar mengajar. CV Pustaka Setia.

Hernia, H. (2013). Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Segugus III Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hurlock. (1978). Psikologi Perkembangan; suatu pendektan sepanjang rentang kehidupan. Air Langga.

Kurniasih, & Dkk. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.

Lutfan. (2018). Teknik Penyajian Discovery. Kata Pena.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Musfiqon. (2018). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana Perenadamedia Group.

Nasional, D. D. P. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas.

Noya, F. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Metode Discovery Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Anggrek Saumlaki Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jurnal Ilmiah PATITA –BPPAUD Dan Dikmas Maluku, 6(1).

Ratumanan, T. . (2017). Belajar dan Pembelajaran. University Press.

Rostiyah, N. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Ruseffendi. (2016). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Tarsito.

Santrock, & Yussen. (2019). Intellegence Reframed; Multifel Intellegent for Firsth. Basic Book.

Selpi Puspitasari. (2017). Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Di Paud Terpadu Witri 1. Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatuf, Dan R&D. Alfabeta.

Suherman, E. a. (2019). Common Tex Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Jurusan Pe).

Suja’I. (2018). Inovasi Pengembangan Bahasa Arab. Wali Songo Press.

Suryosubroto. (2017). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Bumi Persada.

Suyanto. (2016). Pengertian Kemampuan. Bumi Persada.

Uno, H. . (2018). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif (3rd ed.). PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Matondang, A. R. ., Lubis, K. ., & Rusmaningsih, R. (2024). PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK DI RA NURUS SALAM . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 353–359. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24173