PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Arifin Azwar Tampubolon Universitas Al Washliyah Medan
  • Muhammad Riduan Harahap Universitas Al Washliyah Medan
  • Ade Rahman Matondang Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31263

Keywords:

Tahfiz, Tahsin, Pembelajaran Al Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dua hal utama: 1) Perencanaan program tahfidz dan tahsin al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an, dan 2) Pelaksanaan program tahfidz dan tahsin al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program tahfidz dan tahsin al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an telah disusun dengan baik melalui diskusi dengan pihak-pihak terkait, termasuk kepala yayasan, koordinator tahfidz tahsin, guru, seluruh perangkat sekolah, serta partisipasi orang tua siswa. 2) Pelaksanaan program tahfidz dan tahsin al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an berlangsung sesuai rencana, dengan target hafalan sebanyak 3 juz (yaitu juz 28, 29, dan 30) pada tahap awal, dan seluruh 30 juz setelah enam tahun. Untuk tahsin al-Qur’an, targetnya adalah siswa mampu membaca al-Qur’an dengan tartil. Koordinator bekerjasama dengan guru pembimbing menyusun laporan hasil pembelajaran tahfidz dan tahsin yang disampaikan kepada kepala sekolah pada akhir semester.

References

Rizky, I., Lubis, K., & Harahap, H. S. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Tajwid di MTs Islamiyah. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 53-62

Harahap, H. S., Ridwan, A., & Nurhayati, N. (2024). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM TAHFIDZ ALQURAN DI MTS ULUMUL QURAN KELURAHAN TELADAN BARAT KECAMATAN MEDAN KOTA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4386-4392.

Rosah, M., Matondang, A. R., & Nirmalasari, S. (2024). IMPLEMENTASI BUDAYA ISLAMI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS AL WASHLIYAH 39 DOLOK MASIHUL. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3805-3809.

Ridwan, A., Prasetyo, R., Hidayah, N., Jannah, F., & Zaini, A. M. (2022). Penerapan Metode Iqra’Dan Kemampuan Tulis Baca Al-Quran Siswa MIS Al-Kautsar Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 220-226.

Irawan, N. H., Lubis, K., & Prasetyo, R. (2024). IMPLEMENTASI SURAH AL-AHQAAF (15-16) DALAM KONSEP BIRRUL WAALIDAIN PADA PENDIDIKAN KELUARGA DESA SUKAJADI KECAMATAN SUKAJADI. HIBRUL ULAMA, 6(1), 1-12.

Fanka, Y., Lubis, M. S. A., & Matondang, A. R. (2022). Strategi Pendidik Dalam Membentuk Nilai Karakter Peserta Didik Pada Mts Al Washliyah Tanjung Morawa. Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 51-61.

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Tampubolon, A. A. ., Harahap, M. R. ., & Matondang , A. R. . (2024). PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KABUPATEN DELI SERDANG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9419–9423. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31263