INTERNALISASI PAI DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS VII MTS YAYASAN ROHANI IKHWANUL MUSLIMIN KECAMATAN TEBING SYAHBANDAR KABUPATEN SERDANG BEDAGAI)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18788Keywords:
Internalisasi, PAI, Perilaku Bullying, Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di MTS Rohani Ikhwanul Muslimin. 2) Untuk mengetahui upaya yang di lakukan MTS Rohani Ikhwanul Muslimin. dalam mencegah perilaku bullying. 3) Untuk mencegah faktor-faktor terjadinya prilaku bullying di MTS Rohani Ikhwanul Muslimin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif,teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data yang digunakan berupa display daya, verifikasi data dan conclusion data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di Mts Rohani Ikhwanul Muslimin adalah dengan berinovasi dan mengembangkan kreativitas, mengatasi kendala / hambatan, melakukan kerjasama dengan usaha menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di Mts Rohani Ikhwanul Muslimin yaitu dengan memberikan pengalaman langsung, memberikan pembiasaan, memberikan keteladanan, memberikan kedisiplinan, memberi nasehat dan komunikasi secara terbuka dengan guru BK dan orang tua siswa sehingga dapat mencegah perilaku bullying adalah menjadi mengurangi tindakan bullying, tertanam nilai aqidah seperti kejujuran, nilai ibadah seperti berperilaku sopan santun dan meningkatkan ibadah sholat, nilai akhlak seperti senang membantu orang lain, menghargai temannya, dan kompak bekerjasama.References
Awwaliansyah, Ibnu, and Akhmad Shunhaji. 2022. “Pencegahan Perundungan Di Sekolah Melalui Character Building Dalam Pendekatan Al-Qur’an.” El Madani?: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 3(02):146–64. doi: 10.53678/elmadani.v3i02.906.
Jakaria, Umro. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Di Smp Negeri 8 Pasuruan.” 7(1):187–201.
jasmine Nurul, Wulandari Hayani. 2023. “Bullying Verbal Menyebabkan Trauma Terhadap Anak TK.” 9(16):363–74.
Masita. 2020. “Iinternalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Di Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima.” Pelangi?: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini 2(2):207–33.
Nuraini. 2004. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam Dalam Membina Karakter Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara.” 3(1):1–14.
Paputungan, Yasih Chykita. 2019. “Penanaman Nilai Keislaman Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di Smp It Masjid Syuhada Yogyakarta.”
Rahmaniah. 2022. “Model Internalisasi Akhlakul Karimah Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Di MI DDI No 372 Lampa Polman.” 17(372):62–69.
Robihan, Ahmad. 2018. “Anti Kekerasan Di Sekolah Melalui Internalisasi Prinsip Aswaja Annahdliyah.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan 19(2):36–56.
Sugiyono. 2021. MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahru Rozy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.