PELAKSANAAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN METODE PBL BERBANTUAN MEDIA GELAS PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS I SDN WEGOKNATAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23005Keywords:
Gelas Pintar, Hasil Belajar, Lesson Study, Matematika, PenjumlahanAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah dari rendahnya hasil belajar Matematika di kelas 1 SDN Wegoknatar, yang terungkap melalui hasil tes yang melibatkan 25 siswa. Dari tes tersebut, 14 siswa (56%) tidak berhasil memenuhi standar ketuntasan, sementara 11 siswa (44%) berhasil. Hal ini menjadi dorongan untuk melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengidentifikasi perubahan hasil belajar Matematika setelah penerapan media gelas pintar penjumlahan pada siswa kelas 1 SDK Wegoknatar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study, dengan langkah-langkah plan-do-see. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dari hasil penelitian, pada siklus 1 terlihat peningkatan signifikan, di mana 11 siswa berhasil mencapai ketuntasan. Peningkatan ini terus berlanjut pada siklus 2, di mana hasil tes menunjukkan bahwa 22 siswa telah mencapai ketuntasan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gelas pintar penjumlahan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Wegoknatar. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap upaya peningkatan kualitas pembelajaran Matematika di sekolah tersebut, memberikan gambaran bahwa strategi pembelajaran yang inovatif dapat memainkan peran krusial dalam meraih keberhasilan belajar siswa.Abstrak terdiri dari 150-200 kata, memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian.References
Aay, A. (2016). Kemampuan membaca pemula metode mentossori siswa kelas I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JIPGSD), 9(1), 70-110.
Asnim, R., Malik, H. A., & Yudha, C. B. (2019). Peningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui bermain ular tangga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-8.
Dimyati, M. (2015.) Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Munandar, S. C. U. (1986). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Grasindo.
Ratumanan, T. G., & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Sumarti. (2015). Meningkatkan hasil belajar matematik tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan alat peraga . Jurnal ilmiah PGSD, VII(01), 144-152.
Sunhaji, S. (2014). Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan, II(2), 30-46.
Susanto, A. (2012). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.
Prenadamedia Group
Trianto, T. (2019). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana.
Utami, P. P., & Vioreza, N. (2020). Teacher Work Productivity in Senior High School. International Journal of Instruction, 14(1), 599–614. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14136A
Utami, P. P., Vioreza, N., & Yunaika, W. (2018). Analisa pola perilaku kontraproduktif guru di SMA Negeri se-Kota Bekasi. Visipena, 9(1), 47-66, 9(1), 47–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.429
Widiastuti, E. (2018). Meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai angka 20 dengan menggunakan permainan bola keranjang siswa kelas I SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(11), 1323-1336.
Yamin, M. (2010). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung
Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Andriana Silvana Killi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.