PELAKSANAAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN METODE PBL BERBANTUAN MEDIA GELAS PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS I SDN WEGOKNATAR

Authors

  • Maria Andriana Silvana Killi Universitas Nusa Nipa
  • Lukas Bera Universitas Nusa Nipa
  • Marianus Yufrinalis Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23005

Keywords:

Gelas Pintar, Hasil Belajar, Lesson Study, Matematika, Penjumlahan

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dari rendahnya hasil belajar Matematika di kelas 1 SDN Wegoknatar, yang terungkap melalui hasil tes yang melibatkan 25 siswa. Dari tes tersebut, 14 siswa (56%) tidak berhasil memenuhi standar ketuntasan, sementara 11 siswa (44%) berhasil. Hal ini menjadi dorongan untuk melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengidentifikasi perubahan hasil belajar Matematika setelah penerapan media gelas pintar penjumlahan pada siswa kelas 1 SDK Wegoknatar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study, dengan langkah-langkah plan-do-see. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dari hasil penelitian, pada siklus 1 terlihat peningkatan signifikan, di mana 11 siswa berhasil mencapai ketuntasan. Peningkatan ini terus berlanjut pada siklus 2, di mana hasil tes menunjukkan bahwa 22 siswa telah mencapai ketuntasan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gelas pintar penjumlahan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Wegoknatar. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap upaya peningkatan kualitas pembelajaran Matematika di sekolah tersebut, memberikan gambaran bahwa strategi pembelajaran yang inovatif dapat memainkan peran krusial dalam meraih keberhasilan belajar siswa.Abstrak terdiri dari 150-200 kata, memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian.

References

Aay, A. (2016). Kemampuan membaca pemula metode mentossori siswa kelas I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JIPGSD), 9(1), 70-110.

Asnim, R., Malik, H. A., & Yudha, C. B. (2019). Peningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui bermain ular tangga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-8.

Dimyati, M. (2015.) Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Munandar, S. C. U. (1986). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Grasindo.

Ratumanan, T. G., & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Sumarti. (2015). Meningkatkan hasil belajar matematik tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan alat peraga . Jurnal ilmiah PGSD, VII(01), 144-152.

Sunhaji, S. (2014). Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan, II(2), 30-46.

Susanto, A. (2012). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.

Prenadamedia Group

Trianto, T. (2019). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana.

Utami, P. P., & Vioreza, N. (2020). Teacher Work Productivity in Senior High School. International Journal of Instruction, 14(1), 599–614. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14136A

Utami, P. P., Vioreza, N., & Yunaika, W. (2018). Analisa pola perilaku kontraproduktif guru di SMA Negeri se-Kota Bekasi. Visipena, 9(1), 47-66, 9(1), 47–66. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.429

Widiastuti, E. (2018). Meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai angka 20 dengan menggunakan permainan bola keranjang siswa kelas I SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(11), 1323-1336.

Yamin, M. (2010). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung

Persada

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Killi, M. A. S. ., Bera, L. ., & Yufrinalis, M. . (2023). PELAKSANAAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN METODE PBL BERBANTUAN MEDIA GELAS PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS I SDN WEGOKNATAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3647–3652. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23005

Most read articles by the same author(s)