UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PECAHAN PADA SISWA KELAS II SDN WEGOKNATAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23004Keywords:
Hasil Beljar, Lesson Study, Matematika, Pecahan, PuzzleAbstract
Penelitian ini disebabkan karena rendahnya pencapaian hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN Wegoknatar. Melalui evaluasi awal, ditemukan bahwa dari 13 siswa yang diuji, sebanyak 9 siswa tidak mampu mencapai tingkat ketuntasan, sementara hanya 4 siswa yang berhasil melewati standar pencapaian tersebut. Guna mengatasi permasalahan ini, penelitian tindakan kelas yang didasarkan pada pendekatan lesson study diterapkan dengan memanfaatkan media puzzle pecahan sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini diarahkan untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan media tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II di SDN Wegoknatar. Dengan menerapkan pendekatan plan-do-see, hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan menjadi 4 orang. Pada siklus kedua, hasil tes mencatatkan peningkatan yang lebih baik, dengan 11 siswa berhasil mencapai ketuntasan. Kesimpulannya, penggunaan puzzle pecahan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN Wegoknatar, memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran matematika di sekolah tersebut.References
Andriana, E. (2022). Analisis Penggunaan Media Puzzle Math Pada Materi Pecahan Di Kelas. Didaktik?: Jurnal Ilmiah Pgsd Fkip Universitas Mandiri, 8(2), 1–52. Https://Doi.Org/10.21608/Pshj.2022.250026
Dewi Sri Muliani, Andi Makkasau, S. D. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn 23 Takku Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Global Journal Teaching Professional, 1(1), 24–29.
Fauzan, A., & Ratna Wulan, Dan. (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1–21. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id
Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik Dengan Bantuan Puzzle Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 243–252. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2018.V8.I3.P243-252
Harwati, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 51–55. Https://Doi.Org/10.22219/Jppg.V2i2.14834
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. Https://Doi.Org/10.51179/Asimetris.V2i2.811
Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. Jkpd) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.
Nisem, N. (2020). Upaya Ppeningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah Wuny, 2(1), 88–100. Https://Doi.Org/10.21831/Jwuny.V2i1.30949
Putra, S. H. J. (2021a). Effect Of Science, Environment, Technology, And Society (Sets) Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes In Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. Https://Doi.Org/10.32939/Tarbawi.V17i2.1063
Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas): Dampaknya Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp. Journal Of Natural Science And Integration, 4(2), 204. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V4i2.10030
Putri, Sendi Annisa, Destiniar, & Sunaedi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Saryanti, E. (2022). Penggunaan Media Puzzle Pecahan Biasa Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pecahan. Conference.Ut.Ac.Id.
Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd. Journal Of Primary Educational, 1(2), 71–77.
Susilawati, & Sridana, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Susilawati 1 , Susilawati 2 , Dan Nyoman Sridana 3 1. Jurnal Tadris Ipa Biologi Ftik Iain Mataram, 8(1), 27–36.
Utami, R. D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Media Papan Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri Polengan Kecamatan Srumpung Kabupaten Magelang). Online Journals.
Wulansari, W., Anggraeni, P., & Kusnandar, N. (2023). Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Sebelas April Elementary Education (Saee), 2(3), 297–308.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilarius Hoban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.