PELAKSANAAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN METODE PBL BERBANTUAN MEDIA KONKRET PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23182Keywords:
Lesson Study, Media Konrit , PBL, Tumbuhan.Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Inpres Wolomapa, yang tercermin dari hasil tes di mana 13 dari 23 siswa (56%) tidak mencapai ketuntasan. Dengan fokus pada penggunaan media konkrit berupa tumbuhan Tomat, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV tersebut. Dari hasil tes pada siklus pertama, terlihat adanya peningkatan signifikan dengan 4 siswa yang berhasil mencapai ketuntasan. Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus kedua, di mana 10 siswa berhasil mencapai ketuntasan. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media konkrit Tumbuhan Tomat secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, memberikan gambaran positif terkait pendekatan pembelajaran yang digunakan. Pendekatan penelitian PTK berbasis lesson study dengan tahapan plan-do-see menjadi metode yang digunakan, memungkinkan adanya pengamatan dan evaluasi terus-menerus untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes memberikan gambaran yang komprehensif tentang efektivitas media konkret Tumbuhan Tomat. Dengan demikian, temuan penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan metode pembelajaran IPAS di sekolah dasar, khususnya di SD Inpres Wolomapa, dan memberikan dasar yang kuat untuk penerapan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.References
ANGGRAINI, F. (2022). Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Konkret Pada Materi Sudut Siswa Kelas Iv Sdip Baitul Maal. SCIENCE?: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 161–172. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1264
Arif, A. M., Purnamasari, V., & Miyono, N. (2023). Penggunaan Media Konkret dalam Materi Perubahan Energi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang. 7, 8972–8977.
Fadillasari, E., Shakila, A. I., Pramudita, O., Rachmayani, I., & Lestari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Konkret Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang. 1(11), 381–387.
Juhji, J. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419
Kurnia, I. W. S., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.
Lewar, Y. E. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmuah Pendidikan Dasar, 08(03), 1730–1740. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10968
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Nikmatillah, N. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Siswa Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187
Nurwiyanti, D. A., Wuryandini, E., Listyarini, I., & Wahyuni, T. (2023). Analisis Model Problem Based Learning terhadap Materi Pengkristalan dengan Media Konkret. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21207–21214.
Nuzalifa, Y. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31774
Putra, S. H. J. (2021a). Effect of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1063
Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI?: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.
Tokan, M. F., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmuah Pendidikan Dasar, 07(02), 579–588. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6569
Tria Mardiana, Sardin, & Wijayanto, S. (2023). A Systematic Literature Review on Concret Media: Application to Mathematics Learning. International Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1, 163–179. https://doi.org/10.56855/ijmme.v1i02.321
Wiji Hastuti, H., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513
Yufrinalis, M., & Dewa, E. (2021). Raising the Value of Local Wisdom “Ro’a Dun Kare Taden” in Sikka Regency as a Learning Material for Students in Elementary School. https://doi.org/10.4108/eai.3-6-2021.2310739
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yolanda Bio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.