UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDI WOLOMAPA MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23003Keywords:
Bilangan , Hasil Belajar, Matematika, Media Kantong,Abstract
Penelitian ini mendasari upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan memanfaatkan media kantong bilangan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart, yang memberikan arah sistematis dalam merancang dan menerapkan perubahan pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari sembilan siswa Kelas II di SDI Wolomapa, yang menjadi fokus utama dalam upaya perbaikan hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan observasi, dan analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk mengukur dampak penerapan media kantong bilangan. Temuan penelitian ini mencerminkan bahwa media kantong bilangan memiliki peran positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran matematika. Dengan memanfaatkan pendekatan yang interaktif dan kreatif, media ini membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik, meningkatkan motivasi mereka terhadap pembelajaran, dan mengoptimalkan partisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman kita tentang bagaimana media kantong bilangan dapat diintegrasikan secara efektif dalam konteks pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar, menawarkan alternatif yang menarik dan efisien untuk meningkatkan pencapaian akademis siswa.References
Achmad, H. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris Di Sman 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(1), 41. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V4i1.900
Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas Iv Di Sdn 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138–1146. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.561
Andi Makkasau, Amir Pada, Latang, A. D. (2022). Penggunaan Media Papan Kantong Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Didaktik, 08(2), 1637–1641.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V8i1.26682
Basri, P. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. In Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Unm (Vol. 3, Issue 2).
Islamiyah, E. S., & Lelly Qodariah. (2022). Alat Peraga Kantong Bilangan Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 294–304. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V6i2.50124
Isnaini, R. (2021). Pengembangan Media Pakpindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Mi Nurul Iman Pematang Gajah.
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i4.2368
Kundarsih, S., Su’ad, S., & Santoso, S. (2022). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 140. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i1.8339
Kusniati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas Vi Sdn 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52–64. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No29.A2269
Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45.
Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 337–348.
Putra, S. H. J. (2021a). Effect Of Science, Environment, Technology, And Society (Sets) Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes In Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. Https://Doi.Org/10.32939/Tarbawi.V17i2.1063
Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas): Dampaknya Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp. Journal Of Natural Science And Integration, 4(2), 204. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V4i2.10030
Zairida, D., Akhyar, O., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2019). Pengembangan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Ma Raudhatusysyubban. Dalton?: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 6–14. Https://Doi.Org/10.31602/Dl.V2i2.2382
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Margareta Lero
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.