UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN SIKLUS MAHKLUK HIDUP PADA HEWAN DI KELAS IV SDN WEGOKNATAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23084Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Media Papan.Abstract
Pendidikan mencakup bidang keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, keilmuan, pengetahuan/wawasan, dan keterampilan. Fungsi pendidikan antara lain menambah pengetahuan, membentuk karakter, mengembangkan minat dan bakat, serta mempersiapkan peserta didik untuk bekerja mandiri dan kelompok. Meskipun demikian, pada beberapa kasus, konsep mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dianggap sulit oleh siswa karena kurangnya optimalisasi penggunaan media pembelajaran. Proses belajar anak dipengaruhi oleh aspek-aspek dalam diri dan lingkungannya. Di SDN Wegoknatar, pembelajaran IPA dihadapi dengan kendala seperti kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, siswa yang pasif, dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media papan siklus makhluk hidup pada hewan di kelas IV SDN Wegoknatar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain atau model berbasis Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Penggunaan media papan siklus makhluk hidup pada hewan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siklus I mencapai rata-rata nilai 75,47 dengan persentase ketuntasan belajar 91,39%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai mencapai 91,39 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media papan siklus makhluk hidup pada hewan dapat meningkatkan aktivitas guru, keterlibatan siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Wegoknatar. Media ini memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran dan dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.References
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V8i1.26682
Astiani, N., Halimah, M., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 5(2), 325. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pedadidaktika/Index
Capatina, Alexandru; Bleoju, Gianita; Matos, Florinda; Vairinhos, V. (2016). Journal Of Innovation. Journal Of Innovation & Knowledge& Knowledge, 25(4), 1–9. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jik.2022.100255
Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbasis 4c Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146–4151. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/1522
Nikmatillah, N. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup Untuk Siswa Kelas Ix C Smp Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1.2187
Putra, S. H. J. (2021a). Effect Of Science, Environment, Technology, And Society (Sets) Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes In Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. Https://Doi.Org/10.32939/Tarbawi.V17i2.1063
Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas): Dampaknya Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp. Journal Of Natural Science And Integration, 4(2), 204. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V4i2.10030
Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 129–136. Https://Doi.Org/10.17509/Cd.V7i2.10527
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik, 7(1), 53–65. Https://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/Index.Php/Pgsd/Article/View/433
Tati, T., Putra, S. H. J., & Galis, R. (2020). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smpk Kimang Bulen Nita. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 6–14. Https://Doi.Org/10.55241/Spibio.V1i1.2
Tokan, M. F., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmuah Pendidikan Dasar, 07(02), 579–588. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V7i2.6569
Vivi Ayu Ariana. (2022). Penggunaan Media Papan Jemuran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik. Elementary?: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 1–23.
Wiji Hastuti, H., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel Ipa) Terhadap Hasil Belajar. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 108. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18513
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Katarina Karolina Nona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.