UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN WEGOKNATAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISTEM PERNAPASAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23090Keywords:
Hasil Belajar, Pelajaran IPA, Media Gambar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Wegoknatar pada mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manusia menggunakan media gambar sistem pernapasanMeskipun pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, hasilnya belum sesuai harapan. Salah satu upaya pemerintah adalah perbaikan pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Pembelajaran di SDN Wegoknatar terlihat masih kurang optimal, terutama pada mata pelajaran IPA, dengan sejumlah siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Guru memiliki peran kunci dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Guru harus mampu merancang pembelajaran yang menarik, aktifkan siswa, dan mempengaruhi hasil belajar mereka. Namun, hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti kurikulum, pengajaran, dan interaksi antara siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study. Lesson study adalah metode kolaboratif yang melibatkan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wegoknatar dengan melibatkan siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa setelah penerapan media gambar sistem pernapasan. Dalam kesimpulan, penggunaan media gambar sistem pernapasan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru dan siswa yang semakin baik memberikan dampak positif pada proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk perbaikan pendidikan di SDN Wegoknatar dan memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.References
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sisilia Yunarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.