PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24601Keywords:
Model Role Playing, Lesson Study, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan di jejang sekolah dasar. Pembelajaran matematika membutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat sehingga bisa membuat proses belajar lebih menarik perhatian siswa. Pembelajaran matematika kelas VI di SDI Wolomapa terlihat membosankan dan membuat siswa tidak semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa jarang untuk melakukan diskusi kelompok dan lebih sering mencatat rumus serta contoh soal lalu mengerjakan latihan soal yang ada dalam buku. Hal ini membuat siswa tidak memahami materi tersebut lebih luas karena yang diketahui hanya yang ada dalam buku tersebut. Dari permasalahan tersebut membawa pengaruh yang terlihat pada hasil pembelajaran pada siklus I menggunakan model pembelajaran discovery learning diperoleh hasil dari 11 siswa terdapat 4 (36%) tuntas dan 7 (64%) tidak tuntas. Penggunaan model pembelajaran role playing untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VI SDI Wolomapa yang berbasis lesson study. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study dengan tahap plan-do-see. Pada siklus II penggunaan model pembelajaran role playing terlihat hasil pembelajaran sudah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan yang terlihat dari hasil belajar 11 siswa terdapat 10 (90%) tuntas dan 1 (10%) tidak tuntas. Berdasarkan hasil yang dicapai maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing melalui lesson study dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan cacah pada siswa kelas VI SDI Wolomapa.References
Hasibuan, N. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 104201 Kolam Tahun Ajaran 2022/2023. Educate: Journal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 364–381. https://doi.org/10.56114/edu.v1i3.461
Herlya, H. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING TYPE ROLE PLAYING PADA MATA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (PIJAR), 3(2), 6–17.
Kaffa, Z., & Miaz, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Role Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8228–8238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3344
Kencana Sari, F. F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Satya Widya, 34(1), 62–76. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p62-76
Ningrum, D. A., Sabdaningtyas, L., & ... (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. … Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 74–83. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16141%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/download/16141/11664
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Permana, G. P. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Uang Kertas menggunakan Model Role Playing Siswa Kelas II SD Negeri 3 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 53–67. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.47
Putra, S. H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 84–95. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2177
Putra, S. H. J. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030
Rahmatilah, S., Hidayat, S., & Apriliya, S. (2017). Media Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 139–148.
Sodiq, A. N., & Trisniawati, T. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament pada Siswa SD Negeri Tukangan Yogyakarta. AlphaMath?: Journal of Mathematics Education, 6(1), 68. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7738
Tati, T., Putra, S. H. J., & Galis, R. (2020). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smpk Kimang Bulen Nita. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i1.2
Wulandari, S. I., Nuryadi, N., & Wargana, M. B. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12142–12147. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8320
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Naldince
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.