PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI MTS AL- FAAIZUN WATANG PALAKKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44438Keywords:
Hasil Belajar, Pelajaran Bahasa Indonesia, Tutor SebayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di MTs Al-Faaizun Watang Palakka. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pra eksperimen merupakan penelitian yang mendekati eksperimen sungguhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain dan menguji hubungan sebab-akibat One-Group Pre-test-Post-test design. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data menggunakan tes hasil belajar yang telah diberikan kepada siswa kemudian dianalisis menggunakan SPSS untuk untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa diperoleh nilai intervar 90-100, nilai tersebut dikategorikan sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis statistic inferensial dilakukan uji normalistis dan uji hipotesis memperoleh daya dan berada pada variasi homogen. Kemudian uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Pre-test Post-test diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 maka maka H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pebedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah menggunakan dan sebelum menggunakan metode tutor sebaya “ditolak” dan H1 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah menggunakan dan sebelum menggunakan metode tutor sebaya “diterima”. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa setelah mendapatkan perlakuan sebesar 92,681% sedangkan nilai rata-rata siswa sebelum mendapatkan perlakuan hanya 62,81% maka disimpulkan bahwa antara data Pre-test dan Post-test terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan pada masing-masing variable. Dengan demikian Pengaruh Penerapan Metode tutor sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII B MTs Al-Faaizun Watang Palakka berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.References
Ansori. (2022). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sdn 3 Segala Mider Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/21481/1/SKRIPSI%20ROBIATUN%20NAFI%E2%80%99AH.pdf
Mihrani. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Handayani Kelas VIII. 8(5).
Murnihati. (2022). Penggunaan model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045-2052. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/viewFile/1462/1050
Sinambela, E. E. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Aljabar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya di SMP Negeri 175 Jakarta. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/137/131
Sudjana. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Biotek, 5(2).
Suprijono, A. (2015). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka pelajar.
Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2020). Evaluasi penilaian proses dan hasil belajar mata pelajaran PPKn. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 51-61. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/download/5385/2759
Yuliawati, H. (2022). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Sumberjambe. Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Dinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




