PERKEMBANGAN MATEMATIKA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43191Keywords:
Matematika Hindu, Perkembangan, Sistem Desimal, NolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa konsep-konsep Matematika yang berkembang di peradaban Hindu tidak hanya berdampak pada masyarakat masa lalu, tetapi juga memberikan dasar penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Peradaban Hindu memberikan kontribusi signifikan terhadap Matematika global, termasuk sistem desimal, konsep nol, teori bilangan, dan geometri. Melalui studi literatur, artikel ini menganalisis pengaruh matematikawan Hindu seperti Aryabhata dan Brahmagupta terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Kajian juga mencakup sistem bilangan Brahmi, Nagari, dan Gupta, serta kontribusi literatur seperti Sulbasutra dan Naskah Bakhshali dalam mendefinisikan geometri dan trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Matematika Hindu tidak hanya berpengaruh pada masyarakat masa lalu, tetapi juga menjadi dasar penting bagi Matematika modern, mendukung berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Warisan intelektual ini menegaskan bahwa pentingnya apresiasi terhadap kontribusi peradaban Hindu dalam perkembangan Matematika.References
Aprilia, N., Permadi, B., Berampu, F., & ... (2023). Media Sosial Sebagai Penunjang Komunikasi Bisnis Di Era Digital. UTILITY: Jurnal Ilmiah, 7(2), 64–74. http://journal.unuha.ac.id/index.php/utility/article/view/2669%0Ahttps://journal.unuha.ac.id/index.php/utility/article/download/2669/778
B Datta, (1932). Ilmu Sulba. Kalkuta.
GG Joseph. (1991). Puncak burung merak. London.
Ian Pearce. (2022). Bakhshali Manuscript, MacTutor History of Mathematics Archive. Diakses dari https://mathshistory.st-andrews.ac.uk/Projects/Pearce/chapter-7/
J. J. O’Connor and E. F. Robertson. (2000). Bakhshali Manuscript, MacTutor History of Mathematics Archive. Diakses dari http://www-history.mcs.st and.ac.uk/HistTopics/Bakhshali_manuscript.html
Lispika, L. (2022). Sejarah Perkembangan Matematika dalam Dunia Pendidikan. Journal of Arts and Education, 2(2), 23–30. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.67
Majid, M. K. (2019). Angka Nol sebagai Kontribusi Muslim terhadap Matematika Modern. Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam, 17(1), 1-23.
Manurung, N., Purba, G. A., Rumondang, H. H., Butar, B., Situmeang, J. C., & Sitanggang, V. (2024). Perkembangan Sistem Numerasi Pada Peradaban Manusia Dari Masa Ke Masa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 15075-15085.
Manurung, N., Silitonga, S., F, C. N., Simatupang, Alfi, M., Siregar, S., Gaol, G. L. (2024). Peran Sejarah Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 16039-16040.
Matematika, T. D. (2024). Sejarah Matematika. Medan: UNIMED.
Nurhikmayati, I. (2024). Ensiklopedia Matematikawan Dunia. Majalegka: Paguyuban Panalungtik Sunda.
Nyoman, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat Dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.64
Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., Tiofanny, & Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 32-39.
Susilawati, W. (2017). Sejarah dan Filsafat Matematika. Bandung: CV. INSAN MANDIRI .
Tahtalia, A. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Turunan Berbasis Matematika Realistik dengan Konteks History of Mathematics. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(2), 91–99
Tim Dosen Matematika. (2024). Sejarah Matematika. Medan: UNIMED.
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Philips Pasca G Siagian, Aulia Anggun Mutiara, Salsabilah Daryani, Samudera Efendi Marpaung, Sherly Octavia Pangaribuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.