PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD NEGERI 2 TALAWAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22521Keywords:
Penerapan, Kemampuan, Membaca, PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Keterampilan membaca sering kali menjadi masalah utama bagi para guru di dalam kelas khusus pada siswa sekolah dasar, dengan adanya penelitian ini memudahkan para guru untuk dalam menangani kasus yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat dua kali tes Siklus I dan Siklus II dengan satu kali tes awal sebagai dasar atau acuan nilai sebelum melakukan tes. Siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 76.44 dan Siklus II sebanyak 79.32, hal ini tentu memberikan kepuasan tersendiri bagi peneliti karena telah mendapatkan hasil yang memuaskan. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi sebuah pemahaman baru bagi guru dalam memecahkan masalah yang ada di kelas khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia.References
Agung, Iskandar. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Badri, B., Mintohar, M., & Sofiya, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II Di SDN Manukan Kulon Surabaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3752-3764.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Djumali, Ali, S. T., Santoso, J., Subadi, T., Wardhani, J. D., Choiri, A., & Sundari. (2014). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Farida, Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Berbicara. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 322-335.
Israni, Intan Pulungan. (2015). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Liando, M. R., & Kadamehang, G. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 1 MANADO. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 639-645.
Pratisi, S. (2009). Membaca. Semarang: Griya Jawi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Prenada Media Group.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa. Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yuliana, M., Ahmad, J., & Hidayati, Y. M. (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 154-160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mayske R. Liando
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.