CAK-CAKANIPUN MODEL PAMULANGAN COOPERATIVE SCRIPT KANGGE NGUNDHAKAKEN KATRAMPILAN MACA GEGURITAN TUMRAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JUMAPOLO KARANGANYAR 2025/2026
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52970Keywords:
C Ooperative Script, Keterampilan Membaca, Geguritan, Pembelajaran Aktif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca geguritan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2024/2025 melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas VIII B. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca geguritan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata kemampuan siswa mencapai 78%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91%. Peningkatan paling menonjol terlihat pada aspek artikulasi, penghayatan, serta kemampuan memahami dan menyampaikan makna teks geguritan. Selain itu, penerapan model Cooperative Script juga mampu meningkatkan keaktifan, rasa percaya diri, dan kerja sama antarsiswa. Dengan demikian, model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Jawa, khususnya pada materi membaca geguritan.References
Agustin Nur Khafidah, & Afakhrul Masub Akhtiar. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Pada Peserta Didik Kelas II SDN Segoromadu. Jurnal Pendidikan, 4(1).
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyanto, Else Liliani Dwi. (2020). Modul Membaca Sastra Berperspektif Ekoliterasi.
Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Hardani, dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Hasan, Said. (2021). PTK & Inovasi Guru. Aceh: Uwais Inspirasi Indonesia.
Khafidah, Agustin Nur & Afakhrul Masub Akhtiar. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Pada Peserta Didik Kelas II SDN Segoromadu. Jurnal Pendidikan, 4(1).
Mahmmud, Ade Haerullah & Said Hasan. (2021). PTK & Inovasi Guru. Aceh: Uwais Inspirasi Indonesia.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2019). Pengkajian Puisi. Edisi ke-11. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1).
Sandu Siyoto & Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, Fika Ajeng, & Rahmawati, Laili Etika. (2023). Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Geguritan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, 5(2).
Suyoto, Sandu. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Warsa, Nunung Idanurani. (2021). Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Education, 7(2).
Widayanti, Siska, Ali Sudin, & Tatang Sunarya. (2017). Penerapan Metode Cooperative Script Berbantu Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Wina Sanjaya. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana. Wildani. (2022). Analisis Data Kuantitatif Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Muchsan, Nanik Herawati, Agus Yuliantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




