IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22643Keywords:
Implementasi, Model Pembelajaran, PJBL, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran PJBL dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelalitian Tindakan Kelas. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning di sekolah dasar dapat diterapkan di SD Negeri 32 Manado. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Siklus II yang menunjukkan ketuntasan peserta didik sebanyak 33 orang tuntas dengan presentase sebesar 84.6%, hal ini membuktikan implementasi PBL dapat diterapkan sebagai salah satu pemecah masalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.References
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808.
Jannah, N. H., Afryaningsih, Y., & Nurhaidah, N. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV SDN 5 Rasau Jaya. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 60-63.
Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajawali
Liando, M. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Berea Tondano. EDU PRIMARY JOURNAL, 1(3), 8-8.
Liando, M. R., & Kadamehang, G. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 1 MANADO. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 639-645.
Nikmah, N. H., & Andriani, A. E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20113–20117. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9442.
Noor, T. (2018). RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.
Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 83-91.
Umi, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24–38. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mayske R. Liando
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.