PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD GMIM 4 TONDANO

Authors

  • Mayske R. Liando Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20240

Keywords:

Audio Visual, Cerita Pendek, Menyimak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses dan hasil penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD GMIM 4 Tondano untuk menyimak cerita pendek. Penelitian tindakan dua siklus ini mencakup fase perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data terdiri dari observasi, catatan lapangan, dan tes. Hasil observasi dan catatan lapangan digunakan untuk menganalisis data, sedangkan hasil tes kuantitatif digunakan untuk menganalisis data di setiap akhir siklus. triangulasi digunakan untuk menguji kebasahan data. Analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan siswa untuk menyimak cerita pendek meningkat selama penerapan media audiovisual, yang menunjukkan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi isi cerita, termasuk tema, penokohan, alur, latar, dan amanat. 2) Peningkatan ketuntasan belajar siswa terlihat, dengan nilai rata-rata 67,7 pada siklus I dan 79,2 pada siklus II. Kesimpulannya, temuan ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar yang lebih baik.

References

Adnan, Kuniawati, R., Husin, M., & Yamin, M. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, IV(1), 22-25. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu. v4i1.276

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Gusmaidar. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Dengan Menggunakan Media Animasi Audiovisual Melalui Metode Think Pairs Share Pada Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1), 15–25.

Haryoko, S. (2009). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro,5(1).

Liando, M. R., Kuron, G. E., & Liliyani, N. A. R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Asmorobangun 4 Kediri. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 611-618

Moleong, L. J. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Tirtayasa

Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 4(4), 6. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36/36

Rohmalinda, I., Wardiah, D., Education, M. A.-J. on, & 2023, undefined. (2015). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Fiksi Melalui Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 213 Palembang. Jonedu.Org, 6(Desember). https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1943

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zahro, A & Sulistyorini, D. (2010). Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. Malang: Asis Asah Asuh.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Liando, M. R. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD GMIM 4 TONDANO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 687–691. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20240