PENGARUH PENERAPAN DEEP LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SD NEGERI TIAKUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44680Keywords:
Deep Learning, Literasi Membaca, Sekolah DasarAbstract
Penerapan deep learning dalam pembelajaran berpotensi memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan literasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui pengaruh penerapan deep learning terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas VI SD Negeri Tiakur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan melihat nilai ulangan harian. Sehingga terpilih kelas VI-A dan VI-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan literasi membaca. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas dua, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan deep learning dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas VI SD Negeri Tiakur. Penerapan deep learning dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar.References
Chen, J., & Singh, C. K. S. (2024). A Systematic Review on Deep Learning in Education: Concepts, Factors, Models and Measurements. Journal of Education and Educational Research, 7(1), 125–129. https://doi.org/10.54097/gzk2yd38
Dahl-Leonard, K., Hall, C., & Peacott, D. (2024). A meta-analysis of technology-delivered literacy instruction for elementary students. In Educational Technology Research and Development (Vol. 72, Issue 3). Springer US. https://doi.org/10.1007/s11423-024-10354-0
Gomes, A. N., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2024). Literasi Membaca Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 10(2), 497–502. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8431
Hamdani, A. R., & Pujawati, F. (2024). IMPACT OF TECHNOLOGY INTEGRATION ON LITERACY DEVELOPMENT IN ELEMENTARY EDUCATION. JEEL (Journal of Elementary Education and Literacy), 01(01), 5–8.
Haris, A., Pahar, E., & Yusra, H. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Irlidiya, I. (2022). Pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran membaca. Jurnal Oase Nusantara, 3290(1), 1. https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/11%0Ahttps://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/download/11/11
Mawaddah, M. (2024). Literasi Membaca dan Menulis Serta Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Damhil Education Journal, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2210
Mumayizah, M., Hamidah, N., Thenaya, P. F., & Wijayanti, M. D. (2023). Penguatan Literasi dan Numerasi Menggunakan Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran di SD oleh Kampus Mengajar Angkatan 6. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 320–326. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82366
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. In OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) Publication. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Pratiwi, S. H. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. FITRAH: International Islamic Education Journal, 3(1), 27–48. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.835
Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Transformasi literasi di era digital : tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156–165.
Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258–3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
Saryono, D., Ibrahim, G., Muliastuti, L., Akbari, Q., & Hanifah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa Bandung.
Wibawa, A. P., Dwiyanto, F. A., & Utama, A. B. P. (2022). Deep learning in education: a bibliometric analysis. Bulletin of Social Informatics Theory and Application, 6(2), 151–157. https://doi.org/10.31763/businta.v6i2.596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dovila Johansz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.