PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIKIH KELAS VII MTs ANDINI

Authors

  • Halimatu Sa’diah STAIN Bengkalis
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.41349

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Kinemaster, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran berupa video menggunakan aplikasi Kinemaster untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas VII MTs Andini. Tidak adanya penggunaan media pembelajaran video dalam proses pengajaran mata pelajaran Fikih menjadi perhatian yang serius, khususnya bagi para pendidik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. Berdasarkan tahapan yang diusulkan oleh Sugiyono, pengembangan produk meliputi tujuh langkah, yaitu: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, perancangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Dalam proses validasi, video pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan video pembelajaran berbasis Kinemaster dalam mata pelajaran Fikih terbukti mampu meningkatkan efektivitas, daya tarik, serta mempermudah proses belajar mengajar, sehingga berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.

References

Abdul Rahim Saidek. (2018). Media pembelajaran. Cetakan I. Jambi: Salim Media.

bdullah, R. (2023). Desain media pembelajaran berbasis animasi untuk materi wudhu. Penerbit Edukasi Media.

Aji, S. D., Hudha, M. N., & Risnawati, A. Y. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. Science Education Jurnal, 1(1), 37.

Amazihono, M., Bulolo, F., Siboro, A., & Susanto, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Kinemaster terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok pengukuran kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan T.P 2022. Jurnal Penelitian Fisikawan, 6(1), 59.

Anggraini, R. A., Yuhelman, N., & Ningsih, J. R. (2022). Media video animasi berbasis Kinemaster pada materi hidrokarbon di kelas XI SMAN 1 Inuman. JOM FTK UNIKS, 3(1), 197.

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Azhar, A. (2020). Media pembelajaran: Teori dan praktik. Rajawali Pers.

Hafizatul Khaira. (2020). Pemanfaatan aplikasi KineMaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III.

Hendrayana, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi KineMaster untuk media pembelajaran interaktif. Jakarta: Graha Ilmu.

Ismail, H. (2023). Panduan praktis pembuatan animasi dengan Kinemaster. Kreativa Publishing.

Lorin, A. (2001). Desain pembelajaran interaktif. Erlangga.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Prenada Media.

Prastowo, A. (2019). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.

Priyono, B. (2021). Inovasi media pembelajaran dalam pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Punaji Setyosari. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Raman, B. (2023). Evaluasi media pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar. Inovasi Edukasi Press.

Ricard, K. (2009). Multimodal learning strategies: Enhancing education through innovation. Academic Press.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). Phet: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 11.

Santrock, J. W. (2019). Educational psychology (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Cetakan XI. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2011). Metode statistik. Tarsito.

Vira Amelia, & Arwin. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112274

Wastriami, & Mudinillah, A. (2022). Manfaat media pembelajaran berbasis aplikasi Kinemaster terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 25 Tambangan. Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 37.

Zahra, R. (2023). Inovasi media pembelajaran berbasis teknologi. Bandung: Albeta.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Sa’diah, H., & Vebrianto, R. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIKIH KELAS VII MTs ANDINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4540–4546. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.41349

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.