KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI INSTRUMEN TES TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18135Keywords:
Berpikir Kritis, Disposisi Matematis, HOTS, TesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa berdasarkan disposisi matematis dalam menyelesaikan instrumen tes tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata kuliah matematika diskrit. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 38 mahasiswa. Kemampuan berpikir kritis ditentukan dengan menggunakan empat indikator, yaitu: menganalisis masalah, menyimpulkan dan memberikan penjelasan, mengevaluasi, dan memilih strategi penyelesaian masalah. Teknik pengumpulan data penelitian dalam penelitian ini menggunakan penilaian unjuk kerja berdasarkan tipe Higher Order Thinking Skills, kuesioner disposisi matematis dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: mahasiswa dengan disposisi matematis negatif yaitu sebesar 5,26%, mahasiswa yang diklasifikasikan sebagai disposisi matematis positif rendah adalah 28,95%, mahasiswa dengan disposisi matematis positif sedang adalah 47,37% dan mahasiswa dengan disposisi matematis positif tinggi adalah 18,42%. Mahasiswa dengan disposisi matematis positif sedang memiliki kemampuan yang cukup dalam mengevaluasi dan memilih strategi serta kemampuan yang baik dalam menganalisis masalah dan memberikan penjelasan; mahasiswa dengan disposisi matematis positif tinggi memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menganalisis masalah dan kemampuan yang baik dalam memberikan penjelasan, mengevaluasi, dan memilih strategi dan terdapat kecenderungan peningkatan pencapaian pada indikator kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis.References
Anisah, & Sri Lastuti. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Calon Guru SD di STKIP Taman Siswa Bima dan Cara Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 101–111. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.217
Girsang, B., Sinaga, E. A. L., Tamba, P. G., Sihombing, D. I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment ( PISA ) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, NICoMSE, 172–180.
Gradini, E., Firmansyah, B., & Julia, N. (2018). Menakar Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Matematika Melalui Level Hots Marzano. EduMa, 7(2), 41–48.
Gusti, I., Putu, A., & Wulandari, A. (2021). Kajian Mengenai Kemampuan Analisis Siswa Ditinjau Dari New Taxonomy Marzano Sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran. Jurnal Santiaji Pendidikan, 11(2), 144–150.
Hasibuan, S. A., & Fauzi, K. M. A. (2020). Pengembangan Soal Matemika Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengukur Kemampuanpemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 6 Padangsidimpuan. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 48–52. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22946
Lupita, D. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Matematika SMA Negeri di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 3(2), 129–136. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/download/6058/4564
Ningsih I Iesti Surya, Sugiatno Sugiatno, & Hamdani Hamdani. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Higher Order Thinking (Hot) Dikaji Dari Literasi Matematis. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 9(12), 1–10.
Nugraheni, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. EduSains: Urnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 74–84. https://doi.org/10.51667/pjpk.v1i2.341
Nurhayati, Lia Angraeni, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 11(1), 12–20.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1024
Sapta, A., Pakpahan, S. P., & Sirait, S. (2019). Using The Problem Posing Learning Model Based On Open Ended To Improve Mathematical Critical Thinking Ability. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.32734/jormtt.v1i1 .752
Siti Ratna Gumilang, N., Tsurayya, A., Studi Pendidikan Matematika, P., Muhammadiyah Hamka Jalan Limau, U. I. I., Pela, K., Kebayoran Baru, K., & Jakarta Selatan, K. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Development of Mathematics’ Critical and Creative Thinking Instruments for Grade VII on Secondary School. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 89–98. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.27349
Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Mathematical Problem Posing. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 634–641. https://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/prisma/
Wahid, A. H., & Karimah, R. A. (2018). Integrasi High Order Thinking Skill (HOTS) dengan Model Creative Problem Solving. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 82–98. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/161
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Nyoman Bagus Pramartha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.