PENGEMBANGAN E-ASESSMENT HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MODEL PROBLEM POSSING

Authors

  • I Nyoman Bagus Pramartha ITB STIKOM Bali
  • Rifky Lana Rahardian ITB STIKOM Bali
  • Ni Made Refa Kusumawat ITB STIKOM Bali
  • Ni Putu Thasya Tania Dewi ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28927

Keywords:

E-Asessment, ADDIE, Pembelajaran, Problem Possing

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah 1) untuk pengembangkan E-Asessment Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Model Problem Possing dengan materi kuliah matematika diskrit; 2) untuk menganalisis kualitas E-Asessment Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model problem possing yang dihasilkan ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Proses perancangan assesment dalam pembelajaran merujuk pada, materi dan capaian pembelajaran (CP) pada mata kuliah matematika diskrit, model problem posing. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subyek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi dan responden mahasiswa. Ahli media maupun ahli materi terdiri masing-masing dua orang, sedangkan teknik penarikan sampel responden menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh mahasiswa yang mengikuti kelas matemtika diskrit dilibatkan sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel respoden dalam penelitian ini adalah 38 mahasiswa yang terdiri dari program studi sistem informasi, sistem komputer dan teknologi informasi. 1.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model problem possing menunjukan koefisien validitas isi sangat tinggi. Uji ahli menunjukkan rata-rata hasil validitas logis instrumen e-asessment Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model problem possing adalah 86,72 (Sangat valid) yang menunjukkan asesmen layak digunakan dalam pengukur hasil belajar mahasiswa. Pengujian respon mahasiswa terhadap e-asesmen menunjukan nilai 86,84% dengan kategori sangat positif.

References

Afdareza, M. Y., Yuanita, P., & Maimudah. (2020). The Development of Assessment Instruments with Problem Posing Methods to Measure Students Creative Thinking Ability in Acid Base Materials. Journal of Educational Sciences, 4(1), 146–152.

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Anggraini, L., & Perdana, R. (2020). E-Assessment on Student’s Self-Concept for Physics Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 73. https://doi.org/10.17977/um048v25i2p73-81

Barana, A., Boetti, G., & Marchisio, M. (2022). Self-Assessment in the Development of Mathematical Problem-Solving Skills. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020081

Jamaluddin, M., & Faroh, N. (2020). Developing authentic assessment: Project assessment on mathematics learning evaluation by using e-learning. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v5i3.729

Mega, A. M. P., & Faisal Madani. (2023). Analisisis Assesmen Autentik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 778–788. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5659

Nindiasari, H., Fatah, A., & Madadina. (2022). E-Module Interactive of Minimum Competency Assessment: Development and Understanding for Mathematics Teachers. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 339–353. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Nurhidayah, I., & Ardi. (2022). Instrumen E-Assessment Berbasis Quizizz tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44006

Panyahuti, P., & Yadi, Y. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Assessment Skill Programming berbasis Web. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5393

Sapta, A., Pakpahan, S. P., & Sirait, S. (2019). Using The Problem Posing Learning Model Based On Open Ended To Improve Mathematical Critical Thinking Ability. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.32734/jormtt.v1i1.752

Suriasa, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan LKS Berbasis Scientific Aproach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 190. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4853

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Pramartha, I. N. B. . ., Rahardian, R. L. ., Kusumawat, N. M. R. ., & Dewi , N. P. T. T. . (2024). PENGEMBANGAN E-ASESSMENT HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MODEL PROBLEM POSSING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6299–6305. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28927