ANALISIS PROSES REFLEKTIVE THINKING SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.42339Keywords:
Berpikir reflektif, Pemecahan masalah, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berfikir reflektif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras ditinjau dari prestasi belajar. Subjek penelitian adalah enam siswa, yang dikategorikan tinggi, sedang, dan rendah diambil dari nilai rapot pada mata pelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, tes dan wawancara kemudian dianalisis dengan merujuk pada tiga langkah pemecahan masalah Newman yang dihubungkan dengan indikator berpikir reflektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi memenuhi semua indikator berpikir reflektif dalam pemecahan masalah. Dalam hal ini, siswa mampu memberikan reaksi memahami dan menjelaskan informasi yang ada pada masalah, melakukan Comparison dengan menjelaskan strategi dan solusi pada permasalahan. Memberikan Contemplasi yaitu memberikan hasil akhir dengan tepat. Sedangkan siswa dengan kategori sedang satu siswa sudah memenuhi indikator berpikir reflektif dan salah satu siswa masih kurang dalam memenuhi indikator berpikir reflektif yaitu siswa dapat menuliskan informasi yang ada pada masalah akan tetapi siswa masih kurang dalam menentukan strategi pada masalah, dan terdapat kesalahan perhitungan dalam menentukan kesimpulan. Untuk hasil dengan kategori rendah tidak ada satu indikator yang terpenuhi dengan baik dalam menyelesaikan masalah teorema phitagoras.References
Adha, Sophia Maulidatul, and Endah Budi Rahaju. 2020. “Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains 4(2).
Anderha, Refiesta Ratu, Sugama Maskar, and Universitas Teknokrat Indonesia. 2021. “Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2(1): 1–10.
http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774.
Armelia, Maura Noverienda, and Ismail Ismail. 2021. “Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2): 1757–68.
Asmara, Andes Safarandes. 2020. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa SMK Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive.” Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika 6(2): 12–22.
Egok, Asep Sukenda. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika.” Pendidikan Dasar 7(2): 186–99.
Jaenudin, Jaenudin, Hepsi Nindiasari, and Aan Subhan Pamungkas. 2017. “Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar [Analysis of Students’ Reflective Mathematical Thinking Abilities Judged from Learning Styles].” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 69–82.
http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165.
Junaedi, Yusup, Siti Maryam, and Muh Khaedir Lutfi. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring.” Journal of Mathematics Education and Learning 2(1): 49.
Kaina, Nia, and Zaenal Arifin. 2018. “Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman.” Procediamath 2: 1–10.
Lusiana, Restu. 2017. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) 10(1).
Masamah, Ulfa. 2017. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 1(1): 1–18.
Nindiasari, Hepsi, Yaya Kusumah, Utari Sumarmo, and Jozua Sabandar. 2014. “A Metacognitive Approach to Improve High School Students’ Mathematical Reflective Thinking Skills.” 1(1).
Ramadhani, N F, and I N Aini. 2019. “Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Bangun Ruang Sisi Datar.” Prosiding Sesiomadika 2(1): 754–761.
Sani, Budiman. 2016. “Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif Dengan Siswa Berpikir Intuitif Di Sekolah Menengah Atas Comparison Between Students ’ Abilities in Reflective Thinking and Intuitive Thinking in Senior High School.” Jurnal Pendidikan dan Sains 4(2): 63–75.
Suryaman, Maman. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, , 13–28.
Suryani, Mulia, Lucky Heriyanti Jufri, and Tika Artia Putri. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1): 119–30.
Toraman, Çetin, Senol Orakci, and Osman Aktan. 2020. “Analysis of the Relationships between Mathematics Achievement, Reflective Thinking of Problem Solving and Metacognitive Awareness.” International Journal of Progressive Education 16(2): 72–90.
Tri Wahyuni, Fina. 2018. “Berpikir Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gender.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1(1).
Utomo, Dwi Priyo, Erentrudis Junirestu, and Arif Hidayatul Khusna. 2021. “Students’ Reflective Thinking Based on Their Levels of Emotional Intelligence in Mathematical Problem-Solving.” Beta: Jurnal Tadris Matematika 14(1): 69–84.
Wahyuni, Arie, and Prihadi Kurniawan. 2018. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Matematika 17(2): 1–8.
Widyastuti, D, and I Nuriadin. 2021. “Hubungan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Di SMK.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05(02): 1893–1901.
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso,
M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Ayyami Shalehati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.