DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN SISTEM METAKOGNIF PADA TAKSONOMI MARZANO

Authors

  • Komang Hari Santhi Dewi ITB STIKOM Bali
  • I Putu Gede Abdi Sudiatmika ITB STIKOM Bali
  • Albert Fernando ITB STIKOM Bali
  • Yogi Arya Bawana Putra Raspati ITB STIKOM Bali
  • A.A. Raka Jayaningsi ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17730

Keywords:

Diagnostic, Metakognitif, Kesulitan Belajar, Taksonomi Marzano

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Sistem Komputer dan Prodi Teknologi Informasi ITB STIKOM Bali yang mengikuti mata kuliah kalkulus pada semester genap 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostic berupa tes hasil belajar kalkulus dan kuesioner kesulitan belajar terhadap 31 mahasiswa. Kesulitan belajar dilihat dari sistem metakognitif pada Takzonmi Marzano yang teridiri dari level specifying goals process monitoring, monitoring clarity dan monitoring accuracy.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada level specifying goals (penetuan berbagai tujuan belajar) diketahui bahwa mahasiswa memiliki kesulitan dalam menentukan tujuan belajar adalah sebesar 51,61%.  (2) Pada level process monitoring menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesulitan belajar sebesar 64,52%. (3) Pada level monitoring clarity menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesulitan belajar sebesar 51,61%. (4) Pada level Monitoring Accuracy menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesulitan belajar sebesar 48,39%.

References

Andanawarih, M., Diana, S., & Amprasto, A. (2019). The implementation of authentic assessment through project-based learning to improve student’s problem solving ability and concept mastery of environmental pollution topic. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022116

Basir, M. A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Sistem Kognitif Pada Taksonomi Marzano. 31401405447, 1–37.

Dedy Setiawan, I. M., Candiasa, I. M., Marhaeni, A., & Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, P. (2014). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Dan Asesmen Projek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sawan Singaraja. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1133

Gradini, E., Firmansyah, B., & Julia, N. (2018). Menakar Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Matematika Melalui Level Hots Marzano. EduMa, 7(2), 41–48.

Gusti, I., Putu, A., & Wulandari, A. (2021). Kajian Mengenai Kemampuan Analisis Siswa Ditinjau Dari New Taxonomy Marzano Sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran. Jurnal Santiaji Pendidikan, 11(2), 144–150.

Halimah, M., Rahmat, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2021). Penggunaan Examples Based Learning (EBL) dalam Meningkatkan Level Kemampuan Berpikir Mahasiswa Berdasarkan Taksonomi Marzano Materi Metabolit Sekunder Mata Kuliah Bioteknologi. BIOSFER?: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(Volume 6 No 2). https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.5009

Hidayah, N., Danial, D., & Takdir, T. (2021). Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Program Studi Tadris Matematika IAIM Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 31–39. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.728

Hidayati, D. W. (2017). Diagnosa Kesulitan Metacognitive Awareness terhadap Proses Pemecahan Masalah Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 206. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.503

Indarini, E., Sadono, T., & Onate, M. E. (2013). Pengetahuan Metakognitif Untuk Pendidik Dan Peserta Didik. Satya Widya, 29(1), 40. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p40-46

Maryono, D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi PTIK FKIP UNS dalam Penyelesaian Masalah dengan Pemrograman. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 645–652.

Nugraheni, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. EduSains: Urnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 74–84. https://doi.org/10.51667/pjpk.v1i2.341

Rizka, M. A., Tamba, W., & Suharyani. (2018). Pelatihan Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Junal Pendidikan, 2(April), 15–23.

Sari, W. K., & Nada, E. I. (2022). Marzano Taxonomy-Based Assessment Instrument Measure Analytical and Creative Thinking Skills. 6(1), 46–54.

Takaendengan, B. R., Asriadi, A., & Takaendengan, W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Sepren, 3(2), 67–75. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2.690

Zamsir, & Hasnawati, &. (2014). Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional Diagnostic Model Student Learning Disfficulties Exam-Based National. 5.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Dewi, K. H. S. ., Sudiatmika, I. P. G. A. ., Fernando, A. ., Raspati , Y. A. B. P. ., & Jayaningsi, A. R. . (2023). DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN SISTEM METAKOGNIF PADA TAKSONOMI MARZANO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 115–124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17730