ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38421Keywords:
Analisis Kesalahan, Geometri, Teori NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri, khususnya materi kekongruenan dan kesebangunan, dengan menggunakan teori Newman. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di kelas IX-1 MTS Swasta Al-Ulum Medan pada tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang berisi soal essay untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan berbagai jenis kesalahan, mulai dari tahap membaca soal, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, hingga penulisan jawaban akhir. Kesalahan terbesar terjadi pada tahap transformasi dengan persentase 28,3%, yang menunjukkan kesulitan siswa dalam mentransformasikan informasi ke bentuk matematis yang sesuai. Kesalahan memahami soal berada pada posisi kedua dengan persentase 26,6%. Sementara itu, kesalahan membaca soal dan penulisan jawaban akhir masing-masing memiliki persentase 23,3% dan 13,3%. Tahap keterampilan proses menunjukkan persentase kesalahan terkecil, yaitu 8,3%, yang menunjukkan bahwa siswa umumnya mampu menjalankan prosedur perhitungan dengan baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa kesalahan pada tahap transformasi sering kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar geometri, sedangkan kesalahan memahami soal diakibatkan oleh ketidakmampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi yang relevan. Hasil ini memberikan gambaran bahwa untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kekongruenan dan kesebangunan, diperlukan upaya peningkatan metode pengajaran dan latihan yang lebih menekankan pada kemampuan menganalisis dan mentransformasi soal.References
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, L. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segitiga dan Segiempat. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 8(2), 188-197. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.14199.
Ardianzah, M. A., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Bangun Datar Segiempat.Universitas Negeri Surabaya. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p40-47.
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817-826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
Febryana,E., Sudiana, R., & Pamungkas, A, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME( Supremum Journal of Mathematics Education). 7(1). 15-28. https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/6586.
Haryati, T., Sutiyono, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. UJME, 5(1). Universitas Negeri Semarang. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.
Irianti, N. P., Setiawan, R., & Jaya, F. C. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Berdasarkan Prosedur Newman. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(1). Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. https://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika.
Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Simposium Nasional Ilmiah dengan Tema: Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7 November 2019, 158-170. ISBN: 978-623-90151-7-6. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444
Kusumawati, D., & Yuliani, A. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menjawab Soal Materi Segiempat dan Segitiga pada Masa Pandemi COVID-19 Berdasarkan Teori Newman Bagi Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1279-1290. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1279-1290.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Najahah, L., Ahied, M., Rosidi, I., Munawaroh, F., (2022).Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal hots: Analisis Newman.Jurnal natural science education research.4(3).193-208. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/8387.
Rahmayanti, I., & Maryati, I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61-70. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus.
Safitri, A, F., Sugiarti, T., & Hutama, S, F.(2019).Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA).Jurnal Profesi Keguruan.5(1).42-49. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/18465
Setiawan, Y. E. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1),23-38.https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arbaiti Br Ginting, Dilla Ulfa Aulia, Ixshan Budi Anindya, Muhammad Amin Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.