MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DI TK IBNU SINA KOTA PEKANBARU

Authors

  • Nofita Nofita Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Zulkifli Zulkifli Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Rita Kurnia Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.870

Keywords:

Kemampuan berbicara, window shopping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah secara umum kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina termasuk kategori rendah. Artinya,kemampuan berbicara anak-anak di TK Ibnu Sina masih ada yang kurang jelas dananak juga memilikikepercayaan diri yang kurang saat disuruh kedepan.Penerapan model pembelajaran window shopping ini menggunakan media-media yang membuat anak tertarik dalam kemampuan berbicara seperti maket kelompok tentang rekreasi, presentasi hasil karya kelompok, bercerita tentang hasil karya didepan kelas.Kemampuan berbicara anak sangat dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran window shopping ini termasuk pembelajaran yang baru bagi anak dan memiliki tingkatan yang baik setiap siklusnyaDalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatannya yang diperoleh dari setiap siklusnya. Dimana peningkatan kemampuan berbicara yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus 1 sangat meningkat sebesar 55,81% sedangkat peningkatan kemampuan berbicara dari siklus I ke siklus II sebesar 40.06% dan secara keselurahan peningkatan kemampuan berbicara anak dari data awal ke siklus II sebesar 82.41%.

Author Biographies

Nofita Nofita, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Zulkifli Zulkifli, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Rita Kurnia, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.Surabaya:Pustaka pelajar

Aqid Zainal, 2013. Model-model dan strategi pembelajaran, kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Sinar Grafika

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto Suharsimi, Dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dhieni Nurbiana, Dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Jurnal Lingkar Widyaswara Edisi 04 No. 03 Juli-September 2017 Jurnal Penelitian

Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol 2 No.2, April 2017

Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No.137. Jakarta: Permendikbud

Rita Kurnia, 2012. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Cindekia insani,Pekanbaru

Robert ESlavin, 2010.Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik.Bandung: NusaMedia.

Sukiman, 2012. Pengembangan MediaPembelajaran.Yogyakarta: Pustaka InsanMadani.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta; Alfabeta

Suryadi. (2012). Panduan penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Diva Pres

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara. Bandung; Angkasa

YulianiNurainiSujiono,2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Indeks Jakarta

Zuriah. 2005.Rancangan Penelitian Eksperimen. Bandung:Alfabet

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Nofita, N., Zulkifli, Z., & Kurnia, R. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DI TK IBNU SINA KOTA PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 108–114. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.870

Most read articles by the same author(s)