PENGARUH KAMPANYE PEMILU 2024 TERHADAP KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN MASYARAKAT KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN MEDAN TEMBUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37725Keywords:
Kampanye Pemilu, Kompetensi Kewarganegaraan, MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kampanye Pemilu 2024 terhadap kompetensi kewarganegaraan masyarakat di Lingkungan VI Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung. Fenomena kampanye pemilu yang sering diwarnai dengan praktik seperti kampanye hitam dan politik uang berpotensi mempengaruhi perilaku politik masyarakat. Kompetensi kewarganegaraan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan ilmu pengetahuan dianggap penting dalam upaya memerangi demokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yang bertujuan untuk mengukur hubungan antara kampanye pemilu dan kompetensi kewarganegaraan masyarakat. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur tiga dimensi kompetensi kewarganegaraan: Civic Knowledge, Civic Disposition, dan Civic Skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye Pemilu 2024 berpengaruh positif terhadap kompetensi kewarganegaraan masyarakat, dengan Civic Knowledge memperoleh pengaruh paling besar (85% responden memberikan tanggapan sangat baik), diikuti oleh Civic Disposition (80,25%), dan Civic Skill (74%). Hasil ini mengindikasikan bahwa kampanye pemilu memiliki peran penting dalam meningkatkan pengetahuan, karakter, dan keterampilan politik masyarakat, yang mendukung partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Penelitian ini menyarankan pentingnya memperkuat pendidikan politik untuk meningkatkan kompetensi kewarganegaraan dan mendorong partisipasi yang lebih bermakna dalam demokrasi.References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 132144.
ASLAM K, R. I. D. H. O. T. U. L. (2023). PENGARUH USAHA KOS TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI
KECAMATAN BARA (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).
Beerbohm, E. (2016). The ethics of electioneering. Journal of Political Philosophy, 24(4), 381-405.
Branson, M. S. (1999). Social Studies for the Twenty-First Century: Methods and Materials for Teaching in a Changing World. Washington, DC: National Council for the Social Studies.
Encyclopaedia Britannica. (2015). Citizenship. Diakses dari :
https://www.britannica.com/topic/citizenship
Fakhri, A. (2019). Pengaruh Kampanye Politik Pasangan Mursil-Tengku
Insyafuddin Terhadap Perilaku Pemilih Pada Pilkada Aceh Tamiang Tahun 2017. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan
Sosial, 3(2), 157-189.
Haboddin, M. (2016). Dinamika pilkada dan demokrasi lokal di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. (2023). Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Diakses dari : https://jdih.kpu.go.id/data/data_pkpu/2023pkpu015.pdf
Lexianingrum, S. R. P. (2024). Fenomena Kampanye Negatif Terhadap Pilihan Pemula di Sosial Media. IJM: Indonesian Journal of
Multidisciplinary, 2(4), 144-149.
Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., 1995. An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 30(3),709-734.
Mulyoto, G. P., & Samsuri, S. (2017). Pengaruh model project citizen dengan pendekatan saintifik terhadap penguasaan kompetensi kewarganegaraan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 105-118.
Putusan Pengadilan Negeri Palu Nomor: 214/Pid.B/2019/PN Pal (Pemilu), Hal 141.
Roger, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication campaigns. In Communication and Campaigns (pp. 20-34). Newbury Park, CA: Sage Publications.
Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi melalui Kajian Filosofis
Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan
Transformatif, 2(1), 297-311.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis | Vol. 5 No. 1, July 2017, 80-90 | E-ISSN: 2548-9836 dan R&D) (Cetakan ke sebelas uppl.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single subject research: Alternatif penelitian pendidikan matematika di masa new normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78-89.
Xi’an Shiyou Xuebao, X. S. (2023). Journal of Xi’an Shiyou University, Natural
Scienses Edition, 65(11), 1–70. https://doi.org/DOI10.17605/OSF.IO/YRZ68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawarika M Pandiangan, Alissa P Simbolon, Rahmi Siregar, Florensia Silaban, Sri Yunita, Jamaludin Jamaludin, Oksari Anastasya Sihaloho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.