PERAN GURU PPKN MENTRANSFORMASI NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH (STUDI KASUS: PERAN GURU PPKN DI SMA NEGERI 5 MEDAN)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34597Keywords:
Hak Asasi Manusia (HAM), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Transformasi Nilai, Pendidikan Karakter, Siswa, Sekolah Menengah, Pengajaran HAM.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mentransformasi nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) di kalangan peserta didik di SMA Negeri 5 Medan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai HAM diajarkan dan diterapkan melalui pembelajaran PPKn, serta dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru PPKn dan observasi terhadap proses pembelajaran dan interaksi siswa di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn di SMA Negeri 5 Medan secara efektif mentransformasi nilai-nilai HAM kepada siswa dengan mengajarkan konsep dasar HAM, mengaitkannya dengan hak dan kewajiban siswa, serta menangani pelanggaran HAM di lingkungan sekolah. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan penerapan nilai-nilai HAM, yang tercermin dalam sikap yang lebih hormat, disiplin, dan tanggung jawab. Penelitian ini mengindikasikan bahwa PPKn berperan penting dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.References
Atmaja, A. K., & Rahmawati, A. Y. 2020. Urgensi Inklusifitas Pelaksanaan Dakwah di Tengah Problematika Sosial. Jurnal Ilmiah Syi'ar, 20(2), 203-215.
Damanik, N. 2024. Human Rights In Muslim And Non Muslim Countries HAM Di Negara Muslim Dan Non Muslim. Jurnal Al-Harakah, 6(01).
Hamid, S. I., Dewi, D. A., Salsabila, H., Nurnazhiifa, K., & Sati, L. 2021. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Keberhasilan Pelajaran PKn dalam Membangun Rasa Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5288-5295.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. 2020. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri Bojong 3 Pinang.
Mangkey, R. A. 2022. Kajian Yuridis Implementasi Kebijakan Negara Terhadap Jaminan Kesehatan Bagi Warga Negara Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Lex Administratum, 10(1).
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. 2021. Hakikat pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050-8054.
Permana, B. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. 2021. Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8651-8659.
Rahayu, A. S. 2017. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn) (Edisi Revisi ed.). (R. Damayanti, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sinaga, O., Gandamana, A., & Pendidikan Kewarganegaraan, T. D. 2022. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi (Cetakan IV ed.). (O. Sinaga, Ed.). Medan: CV. Harapan Cerdas.
Solihin, L., Pratiwi, I., Hijriani, I., Utama, B., & Gandasari, N. 2021. Membentuk warga negara yang demokratis: konstruksi literasi kewargaan dalam mata pelajaran PPKn.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ira Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.