PEMBEKALAN PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP SISWA SMA NEGERI 18 MEDAN MENJADI PEMILIH RASIONAL MENJELANG PILKADA 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36931Keywords:
Rational Voters, Political Education, 2024 Regional ElectionsAbstract
Menjelang pilkada turut memunculkan upaya kampanye yang disemarakkan melalui media sosial, pendekatan lansung terhadap masyarakat dan lain sebagainya. Kekhawatiran terhadap siswa yang berstatus sebagai pemilih pemula bahwa belum matang dalam pengalaman politik termasuk pembinaan pendidikan politik akan berdampak pada perilaku memilih tindak mengandalkan rasionalitas yang baik memilih calon. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan keterlibatan peneliti langsung untuk memberi rangkaian pembinaan pendidikan politik kepada siswa di SMA Negeri 18 Medan. Tujuan penelitian ini dilakukan agar menghasilkan siswa menjadi pemilih rasional dalam Pilkada 2024. Siswa dapat memilih dengan nalar yang baik dan tidak mudah terbuai dengan pencitraan politik semata, pembohongan hingga terlibat dalam konflik politik. Siswa dapat memahami etika politik yang benar maka keputusan memilih calon di Pilkada 2024 menjadi jalan terbaikReferences
Aminah, A., & Sari, N. (2019). Dampak hoax di media sosial Facebook terhadap pemilih pemula. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 51-61.
Grenhenson, G. (30 Nov 2023). Pemilih Muda Cenderung Mudah Berubah dan Suka Konten Politik Ringan. Diakses pada tanggal 25 September 2024. Link situs ugm.com.id : https://ugm.ac.id/id/berita/pemilih-mudacenderung-mudah-berubah-dan-suka-konten-politik-ringan/
Instruksi Presiden No. 12 Tahun 1982 tentang Pola Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Politik Generasi Muda.
Khoiron, M. Nur, dkk. 1999. Pendidikan Politik bagi Warga Negara (Tawaran Operasional dan Kerangka Kerja). Yogyakarta : LKIS.
Ma'aruf, A. R. S., & Putra, D. K. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Personal Branding Joko Widodo Pada Pemilih Pemula Pemilu 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta
Diurna, 15(2), 1-18.
Rahman, T., & Pd, M. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.
Setiyono, B., Adnan, M., & Astrika, L. (2024). Gerakan Anti Korupsi: Perbandingan antara Korea Selatan dan Indonesia. Nuansa Cendekia.
Simanjuntak, N. Y. (2017). Pemantauan dalam proses penyelenggaraan pemilu. Jurnal Bawaslu, 3(3), 2443-2539.
Soerono, L. 1982. “ Pendidikan Politik dan Upaya Melestarikan Nilai dan Kepemimpinan 45 pada Sasa Warsa 60-an”. Dalam Naning, Ramdlon. 1982. Pendidikan Politik dan Regenerasi. Yogyakarta: Liberty.
Surbakti, Ramlan. 1999. Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sutrisno, C. (2017). Partisipasi Warga Negara Dalam Pilkada. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(2), 36-48.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawarika M Pandiangan, Windawati Pinem, Alissa P Simbolon, Samuel Sihite, Mantasia Hasibuan, Rahmi Siregar, Rian TR Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




