PENGARUH KONSELING GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN

Authors

  • Maria Loko Br Sembiring Universitas HKBP Nommensen
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Bangun Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25931

Keywords:

Konseling Guru Pendidikan Agama Kristen, Kepribadian Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara pengaruh konseling pastoral guru pendidikan agama kristen terhadap perkembangan kepribadian siswa SMP Swasta Gajah Mada Medan dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Konseling Pastoral Guru Pendidikan Agama Kristen) dan variabel Y (Kepribadian Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh konseling pastoral guru pendidikan agama kristen terhadap perkembangan kepribadian siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,75 dengan uji determinasi sebesar 56,25% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (  = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika  yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari  pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh  >  (2,76 > 1,69), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh konseling pastoral guru pendidikan agama kristen terhadap perkembangan kepribadian siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan.

References

Alkitab (2022). Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia

Aritonang, U. E., & Munthe, B. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Bidang Konseling Pastoral Terhadap Perkembangan Kepribadian Siswa Di Sma Negeri 4 Pematangsiantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 1609–1616.

Marpaung, R., Silalahi, J., & Napitupulu, H. S. (2024). Efforts to Improve the Ability of PKN Subject Teachers in the Use of Learning Aids Through the Implementation of Class Visit Supervision at Yunior High School Cerdas Mandiri. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 74-83.

Munte, B., & Samosir, D. H. (2018). PENGARUH BIMBINGAN KONSELING GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(1), 30-57.

Silalahi, J., Munthe, B., Sihite, T., Sitanggang, T. R., & Tampubolon, S. R. (2023). Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Melalui Modul Nusantara dan Semboyan “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2474–2481.

Sitanggang , D. P., Munthe, B., & Silalahi, J. (2023). The Effect of Providing Reinforcement on Students’ Learning Motivation in Christian Religious Education Subjects Class IX of Talitakum Medan Private Junior High School. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9884–9899.

Tu’u, T. (2007). Dasar-dasar Konseling Pastoral. Jakarta: ANDI Penerbit Buku dan Majalah Rohani.

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Sembiring, M. L. B. ., Silalahi, J. ., & Bangun, B. . (2024). PENGARUH KONSELING GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2896–2901. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25931

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>