PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENDORONG KEPERCAYAAN DIRI SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN

Authors

  • Irene Rideca Revalina Munthe Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nurliani Siregar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bangun Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20220

Keywords:

Penerapan, Metode Talking Stick, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Talking Stick untuk Mendorong Kepercayaan Diri Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VII-1 SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan berjumlah 19 orang. Dimana populasi ini diangkat menjadi sampel karena siswa kelas VII SMP Swasta GKPI Padang Bulan kurang dari 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik yang sangat percaya diri sebanyak 10,53% atau 2 orang, peserta didik yang percaya diri sebanyak 10,53% atau 2 orang, peserta didik yang kurang percaya diri sebanyak 21,05 atau 4 orang, dan peserta didik yang tidak percaya diri sebanyak 57,89% atau 11 orang. Pada siklus I kepercayaan diri siswa sangat minim maka dilanjutkan kepada tahap siklus II. Dalam tahap siklus II kepercayaan diri siswa meningkat pada siklus II peserta didik yang sangat percaya diri sebanyak 21,05% atau 4 orang, peserta didik yang percaya diri sebanyak 36,84% atau 7 orang, peserta didik yang kurang percaya diri sebanyak 26,32% atau 5 orang dan peserta didik yang tidak percaya diri sebanyak 15,79%  atau 3 orang. Artinya penerapan metode talking stick dapat memberi pengaruh yang baik untuk mendorong kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan

References

Alkitab

Muhibbih Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung, Jammar:2008)

Gemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar,( Jakarta : Bumi Aksara,2001)

Hakim , Thursan, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, (Jakarta:Puspa Swara,2005)

Depertemen pendidikan dan kebudayaan RI, kamus KBBI (Jakarta:Balai Pustaka,2005)

Melvin,L.Silberman, Active LeHamruni, Strategi Pembelajaran, (Yogyakarta:Insa Madani,2011)

Leonni Hadi, Psikologi Perkembangan, (Bandung:Pustaka Setia,2006)

Fatimah,E., Psikologi Perkembarning Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung:Nuansa Cendekia,2014)

angan Peserta Didik, (Bandung:Pustaka Setia,2006)

Martin, Perry, Confidence Booters Pendongkrak Kepercayaan Diri, (Jakarta: Esensi Erlangga, 2006)

Rini, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Dalam Diri Sendiri, (Yogyakarta: Laksana,2011)

Sarlito Wirawan Sarwono. Psikologi Remaja, (Yogyakarta: Rajawali Pers,2009)

Jalaluddin Rakhmat, Psikolog Komunikasi Remaja, (Bandung : Rosdakarya,2011)

Mastuti Indari, 50 Kiat Percaya Diri, (Jakarta: Fest Publishing,2008)

Nainggolan,J.M. Strategi Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta Barat: Generasi info media 2008)

Paulus Lilik Kristianto, Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen, (Yogyakarta: Yayasan Andi, 2006)

Wijaya Kusumah, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Indeks, 2012)

Christiana, E., & Wahyu, N. E. S. (2010). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Makalah Unesa: Tidak Diterbitkan, 1–12. https://www.academia.edu/download/35348722/05.Christiana_Meningkatkan_Rasa_Percaya_Diri_Siswa.pdf

Handayani, Y., & Hidayat, T. (2018). Penggunaan Model Talking Stick dalam Pembelajaran Berbicara. Jurnal Literasi, 3(1), 41–50. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/1997

Nurlis. (2018). Pengaruh latihan membangun kepercayaan diri terhadap rasa percaya diri remaja di kelurahan sindang barang kota bogor. Jurnal Keperawatan Jiwa, 52, 1–137. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-10/20437926-Nurlis.pdf

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Hakikat pemb.matematika landasan teori. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4249520

Wijayanto, R. R. (2019). Keefektifan Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Tema Cita-Citaku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 184. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17771

Yuca, H. (2022). Capsicum annuum L. In Novel Drug Targets with Traditional Herbal Medicines: Scientific and Clinical Evidence (pp. 95–108). https://doi.org/10.1007/978-3-031-07753-1_7

Siregar, N. (2014). Profesi Kependidikan. PT Bumi Aksara, 196.

Nurliani, S. (2005). Profesi Kependidikan Pendidikan Profesi Guru.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Munthe, I. R. R. ., Siregar, N., & Bangun, B. (2023). PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENDORONG KEPERCAYAAN DIRI SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1615–1621. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20220

Most read articles by the same author(s)