PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS VI SD NEGERI 060894 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20183Keywords:
Media Pembelajaran Video, Meningkatkan PemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Video Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VI SD Negeri 060894 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen quasi atau eksperimen semu, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 060894 Medan yang berjumlah 21 orang. Dimana semua populasi diangkat menjadi sampel karena seluruh siswa kelas VI SD Negeri 060894 kurang dari 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil perhitungan reliabilitas bahwa untuk variabel X diperoleh r11=0,909 dan untuk variabel Y r11=0,866 maka soal untuk variabel X dan Y adalah tingkat realibilitas sangat tinggi. Untuk uji normalitas variabel (20,01) > tabel (9,488) adalah berdistribusi normal dan variabel > tabel (9,488) adalah berdistribusi normal. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji regresi sederhana dimana Y = 2,76 + 0,48 sehingga terdapat pengaruh yang positif oleh X terhaap Y, setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasil R Square sebesar 0,817 atau 81,7 %, dapat dikatakan bahwa X mampu Menjlaskan Y sebesar 81,7%. Artinya media pembelajaran video dapat memberi pengaruh yang baik untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas VI SD Negeri 060894 Medan. Sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran video yang dapat meningkatkan pemahaman siswa.References
Alkitab
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.
Wicaksono, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Buku Ajar. Garudhawaca.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73-85.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
, G. dan E. (1969). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi).
Arsyad. (2017). Hakekat Media Pembelajaran.
Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140. Samsuri, T. (2003). Kajian, Teori, Kerangka Konsep dan Hipotesis dalam Penelitian.
Operasional, B. D. BAB III METODE PENELITIAN. PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MEMINIMALISIR KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMAN 4 SINJAI, 30.
Budi. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama KristenNo Title. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 14(1).
Dechriswan. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Desstya, E. (2014). Perkembangan Kognitif Anak Usia DiniNo Title. PT RajaGrafindo Persada.
Dewi, I. K. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen melalui Konteks Historis dan Budaya. . . Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 35(2).
Fleming dan Arsyad. (2018). Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran. Educational, January, 2–3.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.
Hamalik. (1986). E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF. Penerbit Adab.
Hamalik, O. (2008). Media Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Hapsari, S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 20(2).
Kountur, P. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. rajawali Pers.
Kurniawan, A., & N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama KristenNo Title. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 25(2).
Mais, A., Abadi, H. S., & Abadi, P. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.
Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. PT Rineka Cipta.
National Education Assocation (NEA). (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenada Media.
Nurfad Septyhillah. (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Praherdhiono. (2014). Lingkungan Belajar dalam Pendidikan Formal (Grafindo. (ed.)).
Praherdhiono. (2016). Media Pembelajaran: Akses Demokratis terhadap Sumber Daya Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Prastowo, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran TematikNo Title. : DIVA Press.
Rahman, A. A., Sianipar, D., Affrida, E. N., Baiti, N., Khasanah, F., Junaidi, A., Hutapea, B., & Wahidin, A. J. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.
Retno Utari. (1942). Taksonomi bloom. 1–13.
Satria, P., & Putra, U. (n.d.). SUMBER & PENGEMBANGAN.
Setiawan, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Pembelajaran Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 40(1).
Sudjana, N., & Rivai, A. (1992). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryadi. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Memperkuat Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen. 30(1).
Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., & Kusumawardan, R. N. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Uckman, B. W. (1978). Conducting Educational Research. Harcourt Brace Jovanovich.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.
, G. dan E. (1969). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi).
Arsyad. (2017). Hakekat Media Pembelajaran.
Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140.
Budi. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama KristenNo Title. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 14(1).
Dechriswan. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Desstya, E. (2014). Perkembangan Kognitif Anak Usia DiniNo Title. PT RajaGrafindo Persada.
Dewi, I. K. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen melalui Konteks Historis dan Budaya. . . Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 35(2).
Hapudin, H. M. S., Praja, I. A. A., & ST, M. (2023). Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Penerbit Andi.
Gerlach dan Ely. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hamalik. (1986). E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF. Penerbit Adab.
Hamalik, O. (2008). Media Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Hapsari, S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 20(2).
Kountur, P. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. rajawali Pers.
Kurniawan, A., & N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama KristenNo Title. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 25(2).
Mais, A., Abadi, H. S., & Abadi, P. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.
Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. PT Rineka Cipta.
National Education Assocation (NEA). (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenada Media.
Nurfad Septyhillah. (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Praherdhiono. (2014). Lingkungan Belajar dalam Pendidikan Formal (Grafindo. (ed.)).
Praherdhiono. (2016). Media Pembelajaran: Akses Demokratis terhadap Sumber Daya Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Prastowo, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran TematikNo Title. : DIVA Press.
Rahman, A. A., Sianipar, D., Affrida, E. N., Baiti, N., Khasanah, F., Junaidi, A., Hutapea, B., & Wahidin, A. J. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.
Retno Utari. (1942). Taksonomi bloom. 1–13.
Satria, P., & Putra, U. (n.d.). SUMBER & PENGEMBANGAN.
Setiawan, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Pembelajaran Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 40(1).
Sudjana, N., & Rivai, A. (1992). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryadi. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Memperkuat Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen. 30(1).
Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., & Kusumawardan, R. N. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Uckman, B. W. (1978). Conducting Educational Research. Harcourt Brace Jovanovich.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.
Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1).
, G. dan E. (1969). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi).
Arsyad. (2017). Hakekat Media Pembelajaran.
Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140.
Budi. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama KristenNo Title. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 14(1).
Dechriswan. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Desstya, E. (2014). Perkembangan Kognitif Anak Usia DiniNo Title. PT RajaGrafindo Persada.
Dewi, I. K. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen melalui Konteks Historis dan Budaya. . . Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 35(2).
Fleming dan Arsyad. (2018). Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran. Educational, January, 2–3.
Gerlach dan Ely. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hamalik. (1986). E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF. Penerbit Adab.
Hamalik, O. (2008). Media Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Hapsari, S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 20(2).
Kountur, P. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. rajawali Pers.
Kurniawan, A., & N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Agama KristenNo Title. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 25(2).
Mais, A., Abadi, H. S., & Abadi, P. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.
Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. PT Rineka Cipta.
National Education Assocation (NEA). (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenada Media.
Nurfad Septyhillah. (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Praherdhiono. (2014). Lingkungan Belajar dalam Pendidikan Formal (Grafindo. (ed.)).
Praherdhiono. (2016). Media Pembelajaran: Akses Demokratis terhadap Sumber Daya Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Prastowo, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran TematikNo Title. : DIVA Press.
Rahman, A. A., Sianipar, D., Affrida, E. N., Baiti, N., Khasanah, F., Junaidi, A., Hutapea, B., & Wahidin, A. J. (2023). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.
Retno Utari. (1942). Taksonomi bloom. 1–13.
Satria, P., & Putra, U. (n.d.). SUMBER & PENGEMBANGAN.
Setiawan, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Pembelajaran Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 40(1).
Sudjana, N., & Rivai, A. (1992). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryadi. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Video Visual dalam Memperkuat Pemahaman Konsep-konsep Agama Kristen. 30(1).
Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., & Kusumawardan, R. N. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Siregar, N. (2014). Profesi Kependidikan. PT Bumi Aksara, 196.
Nurliani, S. (2005). Profesi kependidikan Pendidikan profesi guru.
Uckman, B. W. (1978). Conducting Educational Research. Harcourt Brace Jovanovich.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mika Astria Br Sembiring, Nurliani Siregar, Bangun Bangun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.