PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS NARASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 PONTIANAK SELATAN

Authors

  • Vionita Sherly Sailana Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20101

Keywords:

Pengembangan, Buku Saku, Menulis Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan buku saku menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakana adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan mengadopsi model Borg and Gall dengan tujuh langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain,uji coba produk, dan revisi produk. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian produk oleh validator dan hasil pengisian kuesioner kepraktisan terhadap buku saku oleh peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar oleh validator dan peserta didik. Instrumen penelitian berupa kuesioner (angket). Tingkat validitas video berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli desain sedangkan tingkat kepraktisan buku saku berdasarkan hasil tanggapan oleh peserta didik. Hasil tingkat validasi buku saku menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar berdasarkan aspek materi memperoleh rata-rata 3,27 dengan kategori “sangat valid” dan aspek desain memperoleh rata-rata desain 3,30 dengan kategori “sangat valid”. Hasil tingkat kepraktisan terhadap buku saku menulis narasi di kelas V Sekolah Dasar oleh peserta didik diperoleh rata-rata 3,38 dengan kategori “sangat praktis”.

References

Cahyati, H, N., Entin, D., Reni, M. (2019). Kelayakan Buku Saku Submateri Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Pengayaan Transparansi Enam Tanaman Monokotil. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11), 2-3. DOI:

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakartan: Bumi Aksara (cetakan pertama)

Nurlailah, W. (2018). Pengembangan Buku saku Kendali Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah Dasar. [Tesis]. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research amd Development ). Bandung: Alfabeta (cetakan ke-4)

Suparsa, I. N., Ida, B. N. M & Ida, A. M. S. W. (2017). Developing Learning Methods of Indonesian as a Foreign Language. International Jurnal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 52. DOI: 10.29332/ijssh.v1n2.41.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Sailana, V. S. ., Halidjah, S. ., & Kresnadi, H. . (2023). PENGEMBANGAN BUKU SAKU MENULIS NARASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 PONTIANAK SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 490–495. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20101

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>