ANALISIS MOTIVASI KERJA, PENGEMBANGAN DAN LATIHAN GUNA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49844Keywords:
Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan, Pengembangan dan LatihanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis motivasi kerja, pengembangan dan Latihan guna meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja merupakan gabungan dari tiga faktor penting yaitu motivasi kerja serta pengembangan dan latihan karyawan dalam meningkatkan pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yang berfungsi sebagai tuntunan dalam mengkaji suatu masalah penelitian. Hasil analisis penelitian ini: 1) Kinerja karyawan salah satu faktor yang paling dominan dalam meningkatkan kualitas perusahaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategi organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi ekonomi; 2) Motivasi menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala upayanya untuk mencapai kepuasan dalam bekerja; 3) Proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik dan metode tertentu secara konsepsional dapat dikatakan bahwa pengembangan dan latihan kerja meningkatkan keterampilan dan kemampuan kerja seseorang. Simpulan penelitian ini bahwa motivasi, kinerja, pengembangan dan latihan kerja saling memiliki keterkaitan dalam mengembangkan suatu usaha.References
Adriani, E., Surono, Y., Budiningtyas, D. P., Maududi, S. Al, Azrianto, A., Fahmi, A., & Hutabarat, Z. S. (2023). Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 3(3), 984–994. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3233
Adrin Hetharie, J., & Rieuwpassa, A. (2023). Pengaruh kompensasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan serta peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(8), 3421–3431. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/1738/1049
Agustina, R., & Hutabarat, Z. S. (2023). Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping): Motivasi Belajar Melalui Keterampilan Menulis. Eureka Media Aksara, 1–21. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Anindi, D., & Andi Prayogi, M. (2023). Peran Kompensasi Dalam Memediasi Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 3(2), 241–254. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i2.2626
Arianto, D. A. N., & Istikomah, I. (2018). Pengaruh Kontribusi Pendidikan Pelatihan dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Guru (Studi di SMP Negeri 1 Tahunan Jepara). Media Ekonomi Dan Manajemen, 33(2), 149–163. https://doi.org/10.24856/mem.v33i2.650
Budiwati, N., Hilmiatussadiah, K. G., Nuriansyah, F., & Nurhayati, D. (2020). Economic Literacy and Economic Decisions. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 85–96. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.21627
Chairy, L. S. (2012). Komitmen Afektif 4 “Seputar Komitmen Organisasi.” Psi.UI. Jakarta, September, 1–8.
Dimas Virgiawan, M., Marlini, S., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. www.e-learning.unsri.ac.id
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Hadi, S., & Murti, H. W. (2019). Kajian Industri 4.0 Untuk Penerapannya di Indonesia. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 3(1), 01–13. https://doi.org/10.30988/jmil.v3i1.59
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(2), 91–102.
Hutabarat, Z. S., & Jambi, U. B. (2022). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Ekonomi Dan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sman 4 Muara Bungo. 5(1), 110–120.
Jamalludin, J. (2016). Manfaat Media Komunikasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal UM Palembang, 1(1), 14–26.
Mahmud, M. (2018). Pengaruh Praktek Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Profesional di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 4(1), 89–96.
Mursyid, F. T., Adriani, E., & Hutabarat, Z. S. (2024). Integrated Pancasila Values-Based Economic Character Strengthening Program. 16, 1935–1946. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4944
Mustikarini, S. A., & Puspasari, D. (2021). the Effect of Learning Motivation, Self-Control and Critical Thinking on Students’ Learning Achievement At Office Administration Education Study Program, Universitas Negeri Surabaya. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(5), 1222. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8428
Rahim, A., Masni, H., Afrila, D., Hutabarat, Z. S., Yarmayani, A., Pamungkas, A., & Syaputra, D. (2023). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah : Eureka Media Aksara, 1–23. https://www.google.co.id/books/edition/MENUMBUHKAN_EKONOMI_KREATIF_DENGAN_PEMAN/MJwQEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pemanfaatan+barang+bekas&printsec=frontcover
Rosmiati, R., & Hutabarat, Z. S. (2023). Economics Learning Outcomes of Jambi University Students Given Financial Literacy Analysis and Consumptive Behavior. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2084–2096. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1707
Salju, S. (2023). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia Cabang Palopo. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 3(2), 231–240. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i2.2596
Sukamto, Y., & Pardjono. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Pada MTS Swasta Kecamatan Winong Kabupaten Pati). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Verawati, N. N. S. P., Prayogi, S., Gummah, S., Muliadi, A., & Yusup, M. Y. (2019). The effect of conflict-cognitive strategy in inquiry learning towards pre-service teachers’ critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 529–537. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.21002
Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Said Almaududi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




