PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI

Authors

  • Jelvin Ardianti Lase Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18867

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada saat pelaksanaan Magang 1, 2 dan 3 di SMP Negeri 1 Hiliserangkai, ditemukan masalah yaitu (1) pengunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan (2) kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hiliserangkai dengan populasi 5 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang berjumlah 50 orang. Metode penelitian eksperimen semu (quasi-ekspermental design), dan instrumen penelitian berbentuk uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini diperoleh adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning mencapai 72,56 tergolong Tinggi dikelas VIII-A di SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 64,52 tergolong Sedang dikelas VIII-B di SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu thitung = 2,632 dan ttabel = 2,060.  Karena t hitung = 2,632 > ttabel = 2,060 maka tolak H0 dan terima Ha, yang berarti: “adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Hiliserangkai”. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Ananda, R., & Fadhil, M. (2018). Statistik Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita

Ariani, S., Yusuf, H., & Cecil, H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. 3(1). 25- 34.

https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/download/304/pdf_50, diakses pada 18 Maret 2023.

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufik, I. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufik, I. (2017). Buku Siswa Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017.

Ayubi. I. I. A., Erwanudin, & Martin, B. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(3). 355-360.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/609/137, diakses pada 17 Maret 2023.

Djamaluddin, & wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta : CV. Kaaffah Learning Center.

Garaika, Dr., & Darmanah, S.E., MM. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung Selatan : CV. Hira Tech.

Hamidah, H., Talitha, A.S.R., Susi, F., Rizma, A.P., Reski, A.G., & Nirwansyah. (2020). Project-Based Learning. Jakarta selatan : Seameo Quitep in Language.

Harefa, A. D., Sadiana, L., & Yulisman, Z. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan. 2(1). 144-15. https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/download/96/ 169, diakses pada 17 Mei 2023.

Hasriyani, A., Baharullah, & Agustan. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Project Based Learning (PBL) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V Sdwilayah Ii Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. 6(2). 1173-1184.

Isrok’atun, & Amelia, R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kurniasi, E. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung (Grup Cv. Widina Media Utama).

Laia, H. T., & Darmawan, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 07(02). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/522, diakses pada 17 Maret 2023.

Lestari, K. E., & Mokhammad, R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Nadhifah,Ghina. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiry. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1). 33-44.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5 n15/263, di diakses pada 17 Oktober 2022.

Nurbaiti. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management

Putri, Eka. (2016). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Jawa Barat : UPI Sumedang Press.

Riadi, Edi. (2016). Metode Statistik Parametrik & Nonparametrik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Pendidkan. Tanggerang : PT. Pustaka Mandiri.

Safithri, R., Syaiful, & Nizlel, H. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.05(01). 335-346.

https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/539, diakses pada 18 Oktober 2022

Saputro, O. A., dan Theresia, S. R. (2021). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1). 185-193.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719, diakses pada 18 Oktober 2022.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syamsidah & Hamidah S. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta : Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Wahyuni, Sri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matemematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. Jurnal Edutech. 5(1). 84-88.

https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982, diakses pada 18 Maret 2023.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Lase, J. A., & Mendrofa, R. N. . (2023). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 252–259. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18867